JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ternyata Olahraga Secara Teratur Bisa Mengontrol Kecemasan Secara Berlebih Lho!

Ilustrasi olahraga. Pexels

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bagi seseorang yang sering merasakan kecemasan, terdapat studi baru yang mengatakan bahwa rajin berolahraga dapat menurunkan rasa kecemasan. Temuan itu dipublikasikan dalam Frontiers in Psychiatry yang melibatkan para pemain ski yang berpartisipasi dalam Vasaloppet. Pertandingan tersebut merupakan ski marathon lintas alam tertua dan terpanjang di dunia.

Pernyataan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sebagian besar pemain ski Vasaloppet berolahraga setidaknya 4 jam seminggu ternyata lebih memiliki tingkat kebugaran yang lebih tinggi daripada populasi umum. Para pemain ski dicocokkan dengan kelompok kontrol yang terdiri dari 197.684 individu.

Baca Juga :  Waspadai Radang Sendi, Cek Penyebabnya dan Simak Cara Mengatasinya

Kemudian para peneliti mengambil data dari Pusat Statistik Swedia dan Registrasi Pasien Nasional Swedia, guna melacak data sosial-ekonomi dan mengumpulkan informasi tentang diagnosa psikiatri dan medis. Setelah mereka melakukan survei, ditemukan bahwa kelompok dengan gaya hidup yang lebih aktif secara fisik memiliki risiko hampir 60 persen lebih rendah untuk mengembangkan gangguan kecemasan selama follow up period hingga 21 tahun.

Baca Juga :  Sederet Manfaat Daung Pisang, Bukan Hanya Sekedar Bungkus Makanan Tetapi Bisa untuk Pengobatan

“Hubungan antara gaya hidup aktif secara fisik dan risiko kecemasan yang lebih rendah terlihat pada pria dan wanita,” ujar penulis studi Martina Svensson dilansir melalui republika.co.id pada hari Senin (15/11/2021).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua