JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dalam 6 Jam Terakhir, Merapi Luncurkan 15 Kali Guguran Lava Pijar

Merapi / tribunnews
   

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hanya dalam waktu 6 jam terakhir, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak 15 kali.

Itu pun dengan jarak luncur maksimum, mencapai 1.800 meter ke arah barat daya pada Selasa (4/1/2022) periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh pihaknya, pada periode pengamatan pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB, tercatat ada gempa guguran sebanyak 33 kali dengan amplitudo 3-18 mm berdurasi 21-159 detik.

Baca Juga :  Bikin Resah Emak-emak dengan Nyolongi Perkakas Dapur, Pria Kulonprogo Ini Akhirnya Meringkuk di Balik Jeruji

Kemudian gempa hembusan terjadi 1 kali dengan amplitudo 2 mm berdurasi 13 detik. Hybrid/fase banyak berjumlah 16 kali dengan amplitudo 2 mm, S-P 0,4 detik durasi 5 detik.

 

Lalu gempa vulkanik dangkal berjumlah lima kali dengan amplitudo 21-60 mm berdurasi 8-21 detik.

“Tingkat aktivitas Gunung Merapi saat ini masih berada di level III atau siaga,” katanya dikutip Tribunjogja.com dalam laporan harian yang diunggah di medsos BPPTKG.

Sementara itu secara meteorologi, menurut Hanik, puncak Gunung Merapi terpantau cuaca cerah.

Baca Juga :  Duh, Pedagang Sayur di Kulonprogo Dianiaya 2 Pria Hanya Karena Terganggu Suara Motornya!

Angin bertiup lemah ke arah timur dan barat. Suhu udara 13-21 °C, kelembaban udara 68-86 %, dan tekanan udara 567-717 mmHg.

“Secara visual, gunung jelas. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 10-50 m di atas puncak kawah,” jelasnya.

BPPTKG merekomendasikan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com