JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

DPRD Karanganyar Cium Modus Akal-akalan Perusahaan Mau Buang Buruh. Diduga Sengaja Ciptakan Kondisi Agar Karyawan Nggak Betah dan Mundur Alon-Alon

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Acara publik hearing antara Komisi B DPRD Karanganyar dengan Dinas Tenaga Kerja serta karyawan pabrik, Senin (17/1/2022) berhasil mengendus modus baru dugaan kenakalan perusahaan untuk menciptakan suasana tidak nyaman agar karyawan mengundurkan diri.

Dugaan itu mencuat setelah Komisi B mengadakan pertemuan dengan salah seorang karyawan PT Gunung Subur, Jaten, Titik (50) terkait uang pisah dan uang cuti yang hingga sekarang belum dicairkan oleh perusahaan.

Padahal uang itu tidak banyak hanya sekitar Rp500 ribu semenjak Titik sudah bekerja selama 39 tahun dan mengundurkan diri karena merasa tidak nyaman dengan manajemen perusahaan.

Baca Juga :  Dorong Tumbuhnya Nilai Nasionalisme di Kalangan Remaja, Paryono Support Liga Silaturahmi Diikuti 12 Club Desa Ngringo

“Kejadian itu sungguh tragis karena berdasar pengakuan Titik jika karyawan tidak sepaham dengan perusahaan bukannya dicari solusi tetapi justru dibuat kondisi agar karyawan tidak nyaman agar mengundurkan diri,” ungkap Wakil Ketua Komisi B DPRD Karanganyar Leo Edy Kusumo di sela acara hearing tersebut, Senin (17/1/2022).

Menurut Leo mendengar pengakuan Titik pada acara hearing itu terlihat jelas perusahaan teh tersebut sengaja tidak ada itikad baik memberikan hak karyawan yang sudah mengundurkan diri.

Baca Juga :  Ayem Lur! Bupati Karanganyar Serahkan SK P3K Kepada 1.263 Guru

Dan langkah itu, lanjut Leo tidak bisa dibenarkan. Apalagi diketahui kondisi ekonomi Titik sangat memprihatinkan suaminya jatuh sakit stroke.

“Uang pisah namanya yang hanya Rp 500.000  itu sangat berharga bagi pelapor karena untuk menyambung hidupnya tapi mengapa tidak juga diberikan,” tandas politisi Partai Demokrat tersebut.

Untuk itu Leo mendesak kepada Kepala Disnakertrans Karanganyar Martadi agar segera menekan perusahaan untuk segera mencairkan hak Titik.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua