JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Fix, Relokasi PKL Malioboro Akan Dimulai Awal Februari

Suasana kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, pada Sabtu (4/9/2021) petang /  Dok Istimewa via tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap akan melakukan relokasi pedagang kaki lima (PKL) mulai awal Februari 2022. Kebulatan keputusan itu terbutki dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan untuk memindahkan ribuan PKL ke lokasi baru.

PKL Malioboro ini dipindahkan ke eks Gedung Bioskop Indra dan eks Gedung Dinas Pariwisata DIY yang telah disiapkan oleh Pemda DIY. Direncanakan, pemindahan PKL ke dua lokasi ini akan dilakukan tepatnya 1 Februari.

Baca Juga :  Tiga Tewas Seketika Usai Pesta Miras Oplosan di Sleman, Satu Kritis

“Persiapan terkait sarana dan prasarana sudah selesai disiapkan yang bangunan untuk relokasi, disiapkan bagaimana listriknya, airnya. Ketika bicara terkait tempat yang nanti PKL untuk aktivitas, pemerintah sudah memikirkan itu,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi kepada Republika melalui sambungan telepon, Minggu (23/1/2022) malam.

Siwi mengatakan, pemindahan seluruh PKL tidak akan langsung selesai dalam satu hari. Namun, pemindahan PKL ke lokasi baru akan dilakukan secara bertahap selam Februari 2022.

Baca Juga :  Toyota Yaris Tiba-tiba Oleng dan Gasak Toko Buah di Sleman, Ini Akibatnya

Setidaknya, pihaknya menargetkan seluruh PKL yang ada di Jalan Malioboro sudah direlokasi di pekan pertama Februari. Dengan begitu, mulai Februari nanti tidak ada lagi PKL yang diperbolehkan berjualan di trotoar Malioboro.

“Tanggal 1 (Februari) mungkin beberapa PKL (dulu yang dipindah) dari sisi mana, tapi ini butuh kesepakatan. Tahapan penjadwalan bergilir, jangan sampai berduyun-duyun dan tempatnya jangan sampai crowded, diusahakan minggu pertama Februari sudah selesai semua,” ujar Siwi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua