JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Siap-Siap Panas Dingin, KPK Mulai Gerak Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi yang Menyeret Gibran dan Kaesang

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat menyerahkan bantuan konsentrator oksigen ke Sragen, Rabu (18/8/2021). Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai terjun menindaklanjuti laporan dugaan korupsi dan pencucian uang yang melibatkan dua putra Presiden, Gibran dan Kaesang oleh Ubedilah Badrun, Senin (10/1/2022).

Saat ini, penyidik masih melakukan analisis dan verifikasi terkait laporan dugaan aliran uang senilai Rp 92 miliar ke dua putra Presiden tersebut.

Pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menyampaikan bahwa saat ini laporan tersebut masih dianalisis verifikasi.

Baca Juga :  Car Free Day Hari Pertama Pasca Pandemi, Gibran Tegur Pedagang Kaki Lima. Berjualan di Atas Taman

Pelaporan itu dilayangkan oleh aktivis 98, Ubedilah Badrun, perihal dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang lewat bisnisnya yang mempunyai relasi dengan perusahaan pembakar hutan.

“Tentu semuanya membutuhkan waktu dan proses,” ujarnya Minggu (16/1/2022).

Menurut Ali, KPK akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat tersebut, tentu lebih dulu melalui proses verifikasi terhadap data laporan.

Langkah itu dilakukan untuk menghadirkan rekomendasi, apakah aduan itu layak untuk ditindaklanjuti dengan proses telaah atau diarsipkan.

Baca Juga :  Tingkatkan Akses Pembiayaan UMKM, BCA Dukung Gelaran KUR Fintech Festival

Ali menjelaskan bahwa proses verifikasi dan telaah penting sebagai pintu awal apakah pokok aduan tersebut, sesuai UU yang berlaku atau tidak.

“Termasuk ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau tidak,” tutur Ali.

KPK juga secara proaktif akan menelusuri dan melakukan pengumpulan berbagai keterangan dan informasi tambahan untuk melengkapi aduan yang dilaporan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua