JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Puan Utamakan Kualitas Legislasi Ketimbang Kuantitas Undang-undang

Ketua DPR RI, Puan Maharani / istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua DPR RI, Puan Maharani meluruskan frame para anggota legislatif, bahwa tolok ukur program legislasi yang dirumuskan DPR bukan soal banyaknya undang-undang yang dihasilkan.

“Yang lebih penting dari itu adalah kualitas Undang-undang bagi kepentingan masyarakat banyak,” ujar Puan Maharani beberapa waktu lalu.

Senada dengan itu, peneliti senior BRIN Siti Zuhro mengatakan, Undang-undang yang baik adalah yang berguna bagi bangsa dan negara, terkhusus berdampak langsung pada masyarakatnya.

Ia mencontohkan, salah satu UU yang melibatkan masyarakat dan berdampak adalah Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

Baca Juga :  Asisten Sambo Disebut Pergoki Brigadir J dengan Nyonya Sambo di Magelang. Timsus Cek Kebenaran!

Proses pembuatan Undang-undang di masa kepemimpinannya di DPR, lanjut Puan, lebih difokuskan pada mekanisme yang benar serta bermanfaat untuk masyarakat.

“Namun, yang jauh lebih penting adalah UU itu dibahas dengan mekanisme yang benar serta memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat,” tutur Puan.

Siti menegaskan, bahwa untuk membuat undang-undang yang berkualitas tentunya lebih banyak lagi melibatkan masyarakat sipil, sehingga aspirasi yang diserap lebih komprehensif dan berdampak bagi rakyat.

Baca Juga :  Muncul Lagi Subvarian Omicron yang Lebih Cepat Menular, Pakar: Tak Perlu Cemas, Tapi Jangan Disepelekan

“Produk legislasi ini akan dieksekusi sebagai keputusan politik. Ketika dieksekusi oleh eksekutif yang menerima dampaknya adalah rakyat. Harus ada perumusan yang betul-betul sampai ada konsultasi publik yang gayeng, betul enggak pasal ini ayat ini akan berdampak positif terhadap negara bangsa terutama,” kata Siti Zuhro, Rabu (27/4/2022).

Sebaliknya, UU yang dikerjakan terkesan terburu-buru, dan akhirnya memicu polemik di masyarakat, contohnya UU IKN.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com