JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gabungkan 2 Jenis Pohon, Bonsai Elegan milik Warga Sragen Kota Ini Dihargai Setara Mobil Fortuner Gress. Apa Istimewanya?

Salah satu pakar budidaya bonsai kenamaan asal Sragen Kota, Handoyo saat berada di dekat bonsai kombinasi sepreh elegan miliknya yang konon ditaksir berharga di atas Rp 600 juta. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ajang pameran dan kontes bonsai bertajuk Wonderful Bonsai Sukowati 2022 di Sragen bakal dibuka Sabtu (14/5/2022).

Ratusan tanaman kerdil nan unik dari berbagai jenis bakal unjuk keistimewaan dalam ajang pameran yang digelar dalam rangka HUT ke-276 Kabupaten Sragen tersebut.

Nah dari sekitar 600 bonsai yang akan dipamerkan, beberapa bonsai diketahui memiliki banderol harga nan mencengangkan.

Salah satunya bonsai kombinasi dua jenis pohon milik salah satu pakar bonsai asal Sragen Kota, Handoyo.

Bonsai itu ditaksir memiliki harga di atas Rp 600 juta atau setara dengan harga satu unit mobil Toroya Fortuner jenis SUV terbaru yang dibanderol mulai Rp 500 jutaan ke atas.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Bonsai kekar hasil kombinasi pohon sepreh dengan batang okulasi elegan nan megah itu sudah berumur di atas 10 tahun.

“Batangnya saja nggak dapat Rp 400 juta. Mungkin kalau dijual kisarannya Rp 600 juta ke atas. Istimewanya pohon utamanya itu dari jenis sepreh disambung batang elegan yang tertata rapi,” papar Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Sragen, Parsono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , di sela persiapan pameran.

Sang pemilik, Handoyo mengakui sebenarnya untuk bonsai tidak ada patokan harga.

Nilai bonsai lebih didasarkan antara selera peminat saja. Namun biasanya semakin unik dan besar sebuah bonsai, nilai komersilnya juga kian mahal.

Baca Juga :  Geger di Jembatan Gunung Kemukus Sragen, Warga Menemukan Pria Tanpa Identitas Dalam Kondisi Sakit, Polisi Dibantu Warga Lakukan Evakuasi

“Kalau harga penawarannya enggak ada. Karena memang bonsai itu tidak ada patokan harganya. Itu soal selera peminat saja,” ujar Handoyo.

Ratusan bonsai yang tampil di ajang pameran dan kontes Wonderful Bonsai Sukowati dalam rangka HUT Sragen di Alun-alun Sragen, Rabu (11/5/2022). Foto/Wardoyo

Pria yang dikenal sebagai pembudidaya bonsai papan atas di Sragen itu mengaku membawa 9 jenis bonsai yang semuanya masih kelas prospek.

Meski demikian, melihat penampilannya, 9 bonsai yang dibawanya di pameran HUT Sragen kali ini semua ditaksir memiliki harga ratusan juta.

Termasuk bonsai kombinasi sepreh elegan yang disebut-sebut bernilai lebih dari Rp 600 juta.

“Kemarin yang sudah laku ada baru prospek. Laku Rp 125 juta, jenisnya elegan juga,” tuturnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com