JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kumandang Keroncong Ing Mangkunegaran, Setiawan AD 1 PM Bernyanyi Diiringi Alunan Semut Ireng Asuhan KGPAA Mangkunagoro X

Keroncong
Setiawan AD 1 PM (kiri) bersama Orkes Keroncong Alunan Semut Ireng Puro Mangkunegaran Asuhan KGPAA Mangkunagoro X saat menyanyikan lagu keroncong di selasar/teras Pamedan Mangkunegaran. Dok. AD 1 PM
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Orkes Keroncong Alunan Semut Ireng Puro Mangkunegaran yang diasuh langsung oleh KGPAA Mangkunagoro X dan M.Ng Edi Sartono tampil memukau dalam gelaran Kumandang Keroncong Ing Mangkunegaran.

Acara yang menyedot perhatian para pemerhati seni termasuk Setiawan AD 1 PM tersebut digelar di Lapangan Pamedan Puro Mangkunegaran Surakarta, Sabtu (11/6/2022).

“Sangat istimewa bahwa penyanyi dan para pemusik 90% adalah abdi dalem Puro Mangkunegaran yang aktif selalu mendukung dalam hal apapun berkenaan untuk kemajuan seni dan budaya. Serta tidak menutup untuk khalayak umum ikut bergabung dalam orkes keroncong asuhan KGPAA Mangkunagoro X dalam berlatih maupun pementasan,” kata M.Ng Edi Sartono.

M.Ng Edi Sartono berharap Kota Solo sebagai rumah budaya baik seni tari, gamelan, busana adat, benda pusaka peninggalan yang agung maupun musik tradisional asli yaitu orkes keroncong akan terus berkembang dan berjaya.

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Setiawan, S.M., M.Si. yang akrab dipanggil Setiawan AD 1 PM juga tampak hadir pada acara Kumandang Keroncong Ing Mangkunegaran di Lapangan Pamedan, Puro Mangkunegaran Surakarta pada Sabtu (11/6/2022).

Dia tampak asyik menikmati keroncong yang dibawakan oleh penyanyi senior seperti Tutik WD, Fatma, Heru Sumaryo, dan Tutria. Selain itu Gusti Kanjeng Ratu Mangkunagoro IX juga tampak hadir untuk menyaksikan.

Pada kesempatan tersebut Setiawan AD 1 PM juga menyanyikan sebuah lagu berjudul Juwita Malam dengan iringan musik keroncong.

Berbagai lagu menarik disajikan malam itu seperti langgam jenaka Manuk Podhang, langgam Schoon Ver Van Jou dan langgam Surat Dari Magdalena, Langgam Putri Solo, Langgam Sesrawungan, Hagyo Keroncong Merdu.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Karena situasi hujan dan panggung terbuka, terpaksa Orkes Keroncong Alunan Semut Ireng Mangkunegaran pindah di selasar/teras Pamedan Mangkunegaran. Suasana hujan bukan penghalang untuk terus berkarya dan tabuhan.

Untuk diketahui keroncong merupakan suatu genre musik yang khas di Indonesia. Keberadaanya selalu bersama dengan statusnya sebagai salah satu warisan seni budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan oleh para penggiat keroncong dan pemerintah.

Puro Mangkunegaran salah satu sumber budaya di Indonesia yang masih mempertahankan keaslian peninggalan bersejarah baik berupa benda maupun non benda, salah satunya musik tradisional. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com