JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Senangnya Siswa SD Pangudi Luhur St Timotius, Surakarta Kedatangan Tamu Badut Polisi yang Lucu dan Ceria

Para siswa kelas 1 dan 2 SD Pangudi Luhur St Timotius tampak ceria bermain bersama badut Polisi dalam rangka menyemarakkan Hari Anak Nasional, Jumat (22/7/2022) / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Suasana marak terlihat di SD Pangudi Luhur St Timotius, di Jalan Sugiyopranoto No. 1 dan 5, Solo, pada Jumat (22/7/2022) pagi hingga siang hari.

Tak heran, karena saat itu para siswa tengah menyemarakkan Hari Anak Nasional 2022 dengan aneka kegiatan yang mengasah kreativitas. Melalui rilisnya ke Joglosemarnews dijelaskan, kegiatan terbagi menjadi 3 fase, disesuaikan usia siswa.

Humas Sekolah, Ratna Purbandari menjelaskan, Fase 1 diperuntukkan bagi siswa kelas I -II, fase 2 untuk siswa kelas III – IV dan fase 3 untuk siswa kelas V – VI.

Kegiatan Fase I untuk kelas I – II berlangsung di Gedung barat, atau  Gedung Bruderan di Jalan Sugiyopranoto No. 5. Kegiatan ini mengusung tema: “Polisi Sahabat Anak Cerdas dan Berbudi Luhur”.

“Ini berkat kerja sama sekolah dengan pihak kepolisian,” papar Ratna Purbandari.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan sejak dini tertib berlalu lintas. Siswa dipandu, didampingi dengan gembira oleh personel polisi dari Polresta untuk lebih mengenal profesi polisi.

Uniknya, kegiatan interaktif itu melibatkan dua badut Polresta yang dihadirkan untuk membuat anak belajar tentang ketertiban berlalu lintas dengan gembira dan asyik.

Sementara itu, kegiatan Fase II untuk kelas III – IV berlangsung di Gedung Timur Jalan Sugiyopranoto No 1, dengan mengusung tema “SD Pangudi Luhur Menari untuk Indonesia”.

Kegiatan ini mengundang beberapa insan tari tradisioanal dan pelaku seni tari di kota Solo untuk mengadakan flash mob menari tradisional jawa melibatkan 340-an siswa dengan iringan “Lancaran SD Pangudi Luhur”.

Dijelaskan, SD Pangudi Luhur peduli dengan kebudayaan lokal yang harus selalu dilestarikan ditengah laju perkembangan teknologi dan digital ini. Memadukan dan menggunakan kegiatan yang anak–anak sekarang gemari untuk mengajarkan unsur budaya tradisional merupakan kiat untuk mengenalkan budaya khususnya menari tradisional kepada siswa.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Kegiatan ini juga merupakan sarana untuk siswa mengolah raga dan rasa yang dimiliki setiap anak untuk mengenalkan dan mencintai budaya daerahnya,” tambah Kepala Sekolah Marsono Adi.

Sedangkan kegiatan Fase III untuk kelas V – VI berlangsung di Gedung Timur Jl. Sugiyopranoto no 1 dengan tema “Gembira Memasak Bersama SD Pangudi Luhur”.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan agar anak mengenal profesi chef dan dapat menghidangkan salah satu masakan sederhana yang akan mereka buat secara team.

Dibagi dalam kelompok-kelompok, para siswa mendapatkan pendampingan secara profesioanal oleh beberapa Chef yang dihadirkan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kerjasama siswa untuk bekerja di dalam team. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com