JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hasil Identifikasi DVI Polri, Jumlah Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

Tangkapan layar insiden kerusuhan di stadion Kanjuruhan Malang yang dilaporkan menelan korban 60 orang tewas, Sabtu (1/10/2022) malam. Foto/JSnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hasil identifikasi Polri, jumlah korban tragedi kemanusian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur sebanyak 125 orang. Jumlah tersebut merevisi angka kematian sebelumnya yang berjumlah 129 orang.
Sedangkan korban luka-luka dalam peristiwa nahas pascalaga Arema FC Vs Persebaya Surabaya itu tercatat 323 orang.

Korban meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan tersebut, termasuk dua anggota Polri. Karodokpol Pusdokkes Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Eddy Purnama Wirawan menerangkan, perubahan angka kematian tersebut setelah tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri melakukan pengecekan langsung terhadap para kroban.

Baca Juga :  Pakar Hukum Pers: KUHP Tidak Berlaku untuk  Kegiatan Kemerdekaan Pers

“Korban meninggal dunia 125 orang. Itu hasil dari 100 persen identifikasi resmi,” kata Brigjen Eddy dalam rilis resmi Mabes Polri yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Eddy mengakui angka korban kematian itu berkurang dari data awal. Namun kata Eddy menerangkan, setelah dilakukan identifikasi langsung di semua rumah sakit yang melakukan perawatan para korban, terjadi kesalahan pencatatan.

Dalam rilis resmi Mabes Polri itu disebutkan tragedi nahas di Stadion Kanjuruhan itu berawal dari aksi para suporter yang nekat merangsek masuk ke lapangan. “Mereka menyerbu pemain,” demikian menurut Polri.

Baca Juga :  Terjadi Tren Kemuduran Demokrasi di Dunia, AHY: Masyarakat Indonesia Perlu Tingkatkan Literasi Politik

Dikatakan, para suporter tersebut tak cuma menyerang para pemain dan official tim tamu Persebaya, tetapi juga melakukan serangan terhadap para pemain tuan rumah, dan ofisial Arema FC. Laga antara Arema Vs Persebaya itu, berakhir dengan skor kekalahan tuan rumah 2-3.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com