JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Manfaat Madu yang Jarang Dibahas

Ilustrasi madu. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Cairan yang pada umumnya berasa manis ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Madu dapat diaplikasikan atau sebagai bahan tambahan untuk makanan dan minuman, madu juga bisadipakai sebagai pengganti gula.

Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki warna dan kekentalan yang berbeda-beda, tergantung dari nektar bunga yang diisap sang lebah.

Melansir Pink Villa, inilah manfaat madu yang jarang diekspos.

1. Membantu mengatasi eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik yang membuat tidak nyaman. Sebagian besar anak-anak mengalami eksim. Campuran madu mentah dan minyak zaitun dingin dapat dibuat dan dioleskan ke kulit untuk mengatasi masalah tersebut. Campuran ini dapat dikombinasikan dengan gandum untuk mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

2. Membantu mengatasi masalah sinusitis

Meningkatnya polusi dan debu saat ini adalah penyebab banyak orang mengalami masalah yang berhubungan dengan sinusitus. Virus yang menyebabkan infeksi menyumbat sinus, menjebak udara dan lendir yang membuat tidak nyaman.

Karakteristik antibakteri dan antiseptik yang secara alami ada dalam madu membantu membersihkan infeksi dan mengurangi peradangan. Madu juga menenangkan tenggorokan, mengurangi batuk, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi episode sinus.

3. Minuman kesehatan yang baik

Madu terkenal sebagai sumber energi alami karena gula alami yang belum diproses dapat langsung memasuki aliran darah dan dapat memberikan energi yang cepat. Sifat antibakteri dan penyembuhan infeksi pada madu membantu mengobati luka dan mempercepat penyembuhan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

4. Mengatasi masalah gusi

Madu dapat digunakan untuk mengobati gangguan gusi seperti gingivitis. Madu bertindak sebagai agen anti-mikroba untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan dapat meredakan pembengkakan di gusi dan mengurangi rasa sakit.

5. Tidur nyenyak

Pernah mengalami kesulitan untuk tidur? Coba minum susu hangat dan madu sebelum tidur. Beberapa sendok madu dalam susu kunyit atau teh spirulina digunakan selama ribuan tahun untuk meningkatkan kualitas tidur.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com