JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mayoritas Publik Inginkan Erick Thohir Gantikan Iwan Bule Pimpin PSSI

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Tempo/Muhammad Taufan Rengganis
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir digadang-gadang menjadi ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi mengatakan survei persepsi publik itu dilakukan pascatragedi Kanjuruhan yang membuat kepengurusan Mochamad Iriawan (Iwan Bule) sebagai Ketum PSSI menuai banyak keraguan.

Kata dia, survei menemukan keinginan publik untuk mengevaluasi kepengurusan Iwan Bule. Selain itu, sejumlah nama yang diinginkan publik untuk menempati posisi Ketua Umum PSSI.

“Tertinggi ada nama Menteri BUMN Erick Thohir,” kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

Survei IPI dilakukan dalam rentang 30 Oktober sampai 5 November 2022, menempatkan 1.220 responden, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Survei bertajuk sikap publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI.

Menurut Burhanuddin, masyarakat yang menginginkan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI mencapai 24,1 persen. Angka ini menempatkan Erick di posisi pertama.

Selain Erick, ada juga nama Najwa Shihab. Angkanya mencapai 10,3 persen. Di posisi ketiga ada Kaesang Pangarep dengan 5,7 persen.

Burhanuddin mengatakan, nama Erick, Najwa, dan juga Kaesang berada di posisi tiga besar dari tingginya keinginan publik terkait reformasi kepengurusan PSSI era Iwan Bule. Kendati demikian, Burhanuddin melanjutkan, masih ada 5,3 persen publik yang menginginkan Iwan Bule tetap berada di posisi Ketua Umum PSSI.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Menyusul kemudian nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md 4,8 persen, Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda 3 persen, juga Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti 2 persen.

Erick Thohir memiliki elektabilitas paling tinggi dalam bursa Ketua Umum PSSI untuk menggantikan Iwan Bule,” katanya menegaskan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com