JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terbaru, BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan hingga 11 Tahun

Ilustrasi vaksinasi anak / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) didukung oleh tim ahli Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19 dan Indonesian Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI) mengeluarkan izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Comirnaty Children untuk usia 5-11 tahun pada 29 November 2022 dan Vaksin Comirnaty Children di usia 6 bulan–4 tahun pada 11 Desember 2022.

Vaksin Comirnaty Children merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech. “Namun, Vaksin Comirnaty Children memiliki formulasi dan kekuatan yang berbeda dengan Vaksin Comirnaty untuk remaja dan dewasa, sehingga Vaksin Comirnaty Children tidak dapat digunakan pada individu berusia 12 tahun ke atas,” jelas Kepala BPOM, Penny K. Lukito.

Sama halnya dengan Vaksin Comirnaty, Vaksin Comirnaty Children merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech. “Namun, Vaksin Comirnaty Children memiliki formulasi dan kekuatan yang berbeda dengan Vaksin Comirnaty untuk remaja dan dewasa, sehingga Vaksin Comirnaty Children tidak dapat digunakan pada individu berusia 12 tahun ke atas,” jelas Kepala BPOM, Penny K. Lukito.

Baca Juga :  Jajaran Polsek Tambora Sukses Bongkar Prostitusi Online Big Pertamax di Telegram dan Tangkap 3 Wanita. Ada 60 PSK di Dalamnya

“Dosis Vaksin Comirnaty Children (6 bulan–4 tahun) untuk vaksinasi primer adalah 3 mcg/0,2 mL yang diberikan dalam tiga dosis pemberian. Dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu tiga minggu, diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan minggu setelah dosis kedua. Sementara dosis Vaksin Comirnaty Children ( 5-11 tahun) untuk vaksinasi primer adalah 10 mcg/0,2 mL, diberikan dalam dua dosis dengan rentang waktu tiga minggu antara dosis pertama dan kedua,” katanya.

Baca Juga :  Dengan Alasan Kondisi Mobilnya Utuh, Pengemudi Audi A8 Bantah Telah Menabrak Mahasiswa SK Cianjur Hingga Tewas

Dalam pemberian persetujuan EUA, BPOM terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, khasiat, dan mutu. Hasil efikasi Vaksin Comirnaty Children sebagai vaksinasi primer ditunjukkan melalui hasil studi immunobridging, dengan imunogenisitas setelah pemberian 3 dosis (3 mcg/0,2 mL/dosis) untuk anak usia 6 bulan hingga kurang dari 5 tahun dan 2 dosis (10 mcg/0,2 mL/dosis) untuk anak kelompok usia 5 tahun sampai kurang dari 12 tahun sebanding dengan kelompok usia 16-25 tahun yang sudah memiliki data efikasi vaksin secara klinis.

Efek Samping
Berdasarkan hasil studi, kedua Vaksin Comirnaty Children memiliki profil keamanan yang dapat ditoleransi. Efek samping pada anak kelompok usia 6 bulan hingga kurang dari 5 tahun secara umum dilaporkan dengan intensitas ringan–sedang.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com