JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ramai Jadi Perbincangan, Tokoh Hebat Asal Plupuh Sukamto Dikabarkan Siap Maju Pilkada Sragen 2024 dari PKB. Ini Kata DPC!

H. Sukamto, S.H, anggota DPR RI asal PKB Dapil Yogyakarta kelahiran Plupuh Sragen, yang dikabarkan digadang-gadang siap maju Pilkada Sragen 2024. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setahun menjelang Pilkada serentak 2024, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen diam-diam mulai ancang-ancang untuk tampil.

Setelah sukses mengantar kadernya, Suroto mendampingi Kusdinar Untung Yuni Sukowati terpilih di Pilkada Sragen 2020, PKB kini dikabarkan mulai menggodok sejumlah kader terbaik untuk diusung maju sendiri ke Pilkada 2024.

Satu nama paling ramai diperbincangkan belakangan adalah Sukamto. Tokoh yang disebut hebat itu diketahui saat ini merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB Dapil Yogyakarta.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , pria kelahiran Desa Cangkol, Kecamatan Plupuh, Sragen itu ramai jadi buah bibir karena disebut bakal menjadi kandidat kuat yang siap bersaing di Pilkada Sragen melalui PKB.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Sekretaris DPC PKB Sragen, Nur Muhammad Sugiyanto saat dikonfirmasi Rabu (4/1/2022).

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia mengatakan terkait Pilbup, keputusan dan kewenangan penentuan calon yang diusung atau didukung adalah kewenangan DPP.

Semua kader juga harus siap menerima perintah partai dalam hal ini DPP dan DPW. Namun ia tak menampik jika sudah ada nama-nama yang muncul dan dianggap potensial untuk diusung PKB ke Pilkada 2024.

Baca Juga :  Proyek Pembangunan Makam Larasati Sukowati di Sukodono Janggal, Anggota DPRD Sragen Sidak: Anggaran Besar Tapi Tak Terawat !

“Nama-nama yang muncul saat ini cukup banyak, termasuk DPR RI PKB dapil Yogyakarta asal Plupuh Sukamto, Wabup Suroto, Kyai Riyad Musthofa, Kyai Sriyanto, Mukafi Fadli, dan mungkin termasuk saya juga,” paparnya.

Spesifik soal nama Sukamto, Nur tidak menampik jika politisi PKB senior asli Desa Cangkol, Kecamatan Plupuh, Sragen itu nantinya diharapkan bisa pulang kampung dan ikut kontestasi Pilbup.

Meski diakuinya, saat ini fokus utama PKB tentu masih prioritas untuk menaikkan perolehan suara di Pileg 2024.

Terkait sosok Sukamto yang selama ini masih terdengar asing di Sragen, Nur Muhammad mengakui bahwa kader tersebut memang asli kelahiran Sragen.

Akan tetapi lebih banyak berkiprah sebagai politisi PKB di Yogyakarta. Sukamto yang diketahui purnawirawan polisi juga mantan anggota DPRD Provinsi DI Yogyakarta.

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Wetan, Aksi Bunuh Diri dari Atap Rumah Berhasil Digagalkan Anggota Reserse Kriminal Polsek Sragen Kota

“Selama ini beliau memang banyak berkiprah di Yogyakarta dan masih tercatat sebagai anggota DPR RI dari PKB,” jelasnya.

Sekretaris DPC PKB Sragen, Nur Muhammad Sugiyanto. Foto/Wardoyo

Nur Muhammad mengakui partainya saat ini juga tetap fokus di pertarungan Pileg guna meraih suara sebanyak-banyaknya.

Kendati begitu, dinamika terkait Pilbup juga tidak dikesampingkan karena akan mengait dan memakai hasil Pileg sebagai acuannya.

“Intinya siapa pun yang akan direkomendasi DPP, harus siap dan diamankan seluruh kader,” tambahnya.

Sementara, sejumlah kader PKB yang ditanya terkait munculnya nama Sukamto sebagai calon Pilbup, juga membenarkan hal tersebut.

Bahkan nama tersebut menjadi salah satu terdepan yang akan diusung. Selain asli Sragen, politisi tersebut disebut-sebut telah siap dari sisi jaringan dan finansial.

“Beliau salah satu orang dekat Gus Dur. Bahkan dulu yang membawa masuk ke PKB sampai sekarang adalah Gus Dur,” ujar salah satu kader PKB lainnya yang tidak mau disebut namanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com