JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jadi Makanan Kesukaan Nono si Jenius Matematika, Ini 12 Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh

Ilustrasi daun kelor. Foto: pixabay.com
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Caesar Hendrik Meo Tnunay atau biasa dipanggil Nono merupakan bocah jenius asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang beberapa pekan ini menghebohkan publik lantaran berhasil meraih juara pertama di lomba matematika tingkat dunia.

Nono sendiri adalah siswa SD Inpres Buraen 2 di Kabupaten Kupang, NTT. Ia mengikuti kompetisi matematika International Abacus World Competition, Abacus Brain 2022.

Di balik kejeniusannya tersebut, terungkap fakta menarik terkait dirinya yang jarang diketahui publik. Sejak kecil, Nono yang berusia tujuh tahun itu ternyata suka mengonsumsi tumbuhan kelor.

Daun kelor atau memiliki nama ilmiah Moringa Oleifera ini termasuk ke dalam jenis tanaman tropis. Daun kelor memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, daun kelor dapat pula digunakan untuk suplemen, jamu, hingga bahan makanan.

Daun kelor juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini karena dapat meningkatkan produksi ASI yang mempunyai peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi. World Health Organization (WHO) juga menyarankan agar si kecil rajin-rajin mengonsumsi daun kelor demi memenuhi kebutuhan gizinya.

Lantas apa saja manfaat kelor? Benarkah dapat memperkuat daya ingat? Simak penjelasannya berikut ini. Dilansir dari Tempo.co, terdapat 12 manfaat daun kelor yang wajib Anda ketahui.

 

  1. Memiliki Banyak Kandungan Yang Jauh Lebih Tinggi

 

Daun kelor diketahui mempunyai manfaat yang jauh lebih tinggi daripada sayuran lain. Daun kelor mempunyai kandungan vitamin A yang jauh lebih tinggi daripada wortel. Dari sisi kalsium, kelor mengandung empat kali kalsium lebih banyak dibandingkan susu biasa. Adapun, vitamin C yang terkadung di dalamnya juga jauh lebih tinggi dibandingkan buah jeruk.

 

  1. Dapat Memperkuat Imunitas

Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah memperkuat imunitas. Hal ini karena daun kelor kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kaya akan vitamin C membuat tumbuhan ini dapat menjaga imunitas dan kekebalan tubuh sehingga memungkinkan tubuh terhindar dari segala macam penyakit. Selain itu, daun kelor juga bisa menghambat bakteri yang masuk ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

Baca Juga :  Meminimalisir Dampak Risiko Sakit Kritis, Saatnya Miliki Asuransi Ini

 

  1. Memperkuat Daya Ingat

Tidak hanya berguna bagi kesehatan, tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat daya ingat sehingga berpotensi meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini karena daun kelor mengandung zat kimiawi dan antioksidan yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan daya ingat akan hal-hal yang terjadi. Bagi Anda yang mudah lupa, bisa mengonsumsi daun kelor mulai dari sekarang.

 

  1. Baik untuk Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya diderita oleh orang dewasa dan lansia. Dalam hal ini, rebusan daun kelor dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Air rebusan daun kelor yang mengandung alkaloid serta flavonoid bisa meminimalisir pembentukan asam urat. Tidak hanya itu, daun kelor juga bisa mengatasi pegal-pegal dan rematik.

 

  1. Sangat Baik untuk Kesehatan Mata

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A yang sangat tinggi di dalamnya. Air rebusan daun kelor juga bisa mengurangi mata merah akibat infeksi, mengurangi gejala mata plus, minus, hingga gangguan mata seperti katarak.

 

  1. Menyehatkan Kulit

Manfaat tak terduga dari tumbuhan yang satu ini adalah dapat membuat kulit jauh lebih sehat. Beberapa perawatan kecantikan juga memanfaatkan daun kelor sebagai bahan utama penggunaan produk seperti facial wash, hand and body lotion, dan produk skincare lainnya. Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir jerawat di area wajah.

Baca Juga :  Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

 

  1. Baik untuk Anemia

Anemia merupakan penyakit yang timbul akibat kekurangan zat besi. Dalam hal ini, daun kelor mempunyai kandungan zat besi yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita anemia.

 

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Selain berobat ke dokter, penderita diabetes bisa memanfaatkan daun kelor sebagai obat alami. Hal ini karena kandungan protein layaknya insulin dari daun ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

 

  1. Anti Kanker

Berdasarkan sejumlah penelitian, ekstrak daun kelor bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Tak hanya itu, tumbuhan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal alami.

 

  1. Membantu Meningkatkan Hormon Testosteron

Manfat daun kelor untuk alat vital pria salah satunya dapat membantu produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting dalam memicu gairah seksual pria, maka dari itu mereka dengan permasalahan hasrat seksual yang menurun disarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Dengan tumbuhan ini, kadar hormon dan gairah seksual akan meningkat secara bertahap.

 

  1. Mencegah Infeksi Rahim

Tidak hanya bagi pria, daun kelor juga bermanfaat bagi wanita. Daun kelor dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi pada rahim. Daun kelor kaya akan kandungan antibakteri dan antiradang. Hal ini membuat khasiat daun kelor bisa melindungi rahim dari infeksi bakteri, misalnya bakteri endometritis.

 

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Terakhir, daun kelor juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam rahim. Daun kelor memiliki unsur kandungan antioksidan dan fitosterol yang membuatnya mampu memproduksi hormon estrogen dengan sangat baik. Manfaat hormon estrogen sendiri adalah untuk memperlancar sirkulasi haid. Jadi, jika hormon estrogen baik maka akan berpotensi menyebabkan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Wahyu Fajar Lestari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com