JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Dijamin Asli, Sego Bancakan Wonogiri Jadi Buruan Perantau saat Mudik Lebaran 2023

Begini penampakan Sego Bancakan itu. Facebook/Ana Eboth
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selain sego berkat ada lagi menu asli Wonogiri yang juga menjadi buruan perantau yang kebetulan mudik Lebaran 2023.

Menu favorit perantau yang mudik Lebaran 2023 adalah sego bancakan.

Sebenarnya sego bancakan banyak dijual di sejumlah warung makan. Hanya saja yang diburu perantau yang mudik Lebaran 2023 adalah sego bancakan yang asli.

Maksudnya sego bancakan asli adalah yang disajikan saat ada acara kenduri.

“Kemarin habis Lebaran 2023 saudara ada yang memperbaiki dapur. Terus mengundang tetangga untuk ikut membantu, istilahnya sambatan,” ujar perantau asal Baturetno Wonogiri, Darso, Rabu (26/4/2023).

Nah, untuk menyuguhi tetangga yang sambatan, kata Darso, saudaranya menyajikan menu sego bancakan. Meskipun menu sego bancakan terbilang sederhana, namun sensasi makan bersama saat sambatan dengan famili dan tetangga membawa kesan tersendiri.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

“Nikmatnya bukan main. Kalau sego bancakan yang dijual di warung juga enak. Tapi yang saya cari adalah sensasi makan sego bancakan di dalam suasana kenduri, atau sambatan dan sejenisnya,” beber Darso.

Pemudik lainnya, Haryanti menerangkan membuat sendiri sego bancakan saat menyunatkan keponakan di kampung halaman, Manyaran Wonogiri. Setelah acara selesai, sego bancakan langsung disantap bersama keluarga besar tetangga dan teman.

Untuk diketahui sego bancakan adalah nasi komplit sayur lauk dan lalapan terbungkus daun jati dan pisang. Acapkali nasi plus sayur lauk diambil dari tumpeng dan urapan.

Untuk nasinya bervariasi bisa nasi putih, nasi tiwul kemudian dipadu telur dadar, ikan asin, sayur tolo, urap atau gudangan, oseng lombok hijau, sayur kacang tolo, bihun, tempe dan tahu bacem, lalapan mentimun dan kecambah. Semuanya dibungkus daun pisang dan daun jati.

Baca Juga :  Awasi Anak Kecil saat Piknik ke Pantai Klothok Sembukan hingga Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Bolo

Awalnya, sego Bancakan hanya tersedia saat ada acara tradisional di pedesaan yang menyertakan tumpeng. Misalnya kenduri, selamatan bayi, syukuran, dan lainnya. Saat itu nasi tumpeng dan sajian pelengkapnya dimakan bersama-sama menggunakan alas daun pisang atau daun jati.

Seiring laju zaman, mulai jarang ada acara tradisional bancakan. Padahal penggemar menu tumpengan itu masih tetap banyak. Akhirnya masyarakat mulai memesan ke warung makan tradisional untuk membuatkan menu bancakan, namun disajikan secara praktis. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com