JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Terlalu Sering Buang Air Kecil Bisa Jadi Peringatan Adanya Beberapa Masalah Kesehatan

Ilustrasi toilet. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Menjadi sering menggunakan toilet mungkin bisa menjadi pertanda munculnya berbagai masalah kesehatan.

Perubahan kuantitas menjadi lebih sering buang air kecil bisa menjadi tanda peringatan adanya masalah kesehatan.

Mengutip Times of India, berikut tujuh masalah kesehatan yang terkait dengan buang air kecil terlalu sering:

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi pada sistem saluran kemih yang meliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah yang meliputi kandung kemih dan uretra.

ISK dapat menyebabkan buang air kecil yang sering dan menyakitkan. Penderita mungkin juga mengalami rasa terbakar saat buang air kecil dan urin bisa menjadi keruh.

2. Diabetes

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang mempengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan peningkatan buang air kecil karena tubuh berusaha menghilangkan kelebihan glukosa. Karena lebih sering buang air kecil, penderita mungkin juga akan kerap merasa haus yang menyebabkan siklus minum air dan buang air kecil terus-menerus.

Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

3. Masalah prostat

Infeksi prostat atau pembesaran prostat pada pria dapat menyebabkan sering buang air kecil serta kesulitan mengosongkan kandung kemih.

4. Sistitis interstisial

Sistitis interstitial adalah masalah kesehatan kandung kemih kronis yang ditandai dengan rasa nyeri dan tekanan di area kandung kemih. Kondisi ini dapat menyebabkan buang air kecil yang sering dan menyakitkan. Penderita juga mungkin mengalami nyeri di perut bagian bawah saat kandung kemih terisi.

5. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih dimulai di sel-sel kandung kemih. Dalam kasus yang jarang terjadi, sering buang air kecil bisa menjadi gejala kanker kandung kemih. Gejala lain dari kanker kandung kemih termasuk dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil dan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Baca Juga :  Sama-sama Berasa Manis, Ini 5 Pengganti Gula yang Menyehatkan

6. Beser

Kebutuhan buang air kecil yang tiba-tiba dan mendesak bisa menjadi tanda kandung kemih yang terlalu aktif. Ini sering disertai dengan gejala lain seperti kebocoran atau inkontinensia, yakni kurangnya kontrol tubuh akan buang air kecil.

7. Kecemasan atau stres

Tingkat stres atau kecemasan yang tinggi dapat meningkatkan produksi urine yang menyebabkan buang air kecil lebih sering. Produksi urine meningkat ketika otot-otot di perut menegang. Stres dapat menyebabkan otot menegang untuk melindungi tubuh Anda dari cedera atau potensi ancaman.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com