JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jika Terpilih Wapres, Gibran Sebut Bakal Upgrade Fasilitas Kesehatan di Semua Wilayah

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka / Foto: Prihatsari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka menyebut bakal mengupgrade fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit di seluruh wilayah, agar warga tidak lagi berobat ke luar negeri.

Salah satunya mengadopsi pembangunan RS khusus seperti yang tengah berproses di Kota Solo saat ini, RS khusus Kardiologi.

Menurutnya, sejumlah program dan pembangunan di Kota Solo bakal diadopsinya menjadi program nasional sebagai cawapres. Salah satunya di bidang kesehatan, yakni upgrade fasilitas RS.

“(pembangunan RS khusus) Bisa juga (diadaptasi jadi program nasional). Dari Kementerian Kesehatan sudah dealing dengan world bank kan terkait standarisasi RS. Ke depan bakal ada standarisasi dan upgrading untuk rumah sakit,” bebernya, Jumat (8/12/2023), saat ditemui di Balaikota Solo.

Baca Juga :  Ketua Komisi I DPRD Solo: 3 Tahun Kepemimpinan Gibran Tak Ada yang Spektakuler

Gibran mengatakan, standar RS milik pemerintah (RSUD) yang ada di setiap wilayah saat ini sudah mulai harus diperbaiki.

“(standar RSUD yang ada saat ini?) Bisa ditingkatkan lagi setiap tahunnya. Alatnya memang harus diupgrade dan nakesnya (tenaga kesehatan) juga harus diupgrade,” tambahnya.

Sementara itu, Kota Solo saat ini tengah membangun RS khusus Kardiologi berstandar internasional. RS hibah UEA tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas di antaranya ruang khusus treadmill.

Gibran berharap, RS khusus serupa bisa dibangun di kabupaten atau daerah lain. Dengan demikian, masyarakat tidak lagi harus pergi ke luar negeri untuk berobat.

Baca Juga :  Tak Sempat Saksikan Prabowo Diberi Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan, Gibran: Nanti Ngucapin Selamat Ya

Sebelumnya, Pemkot Solo melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Kardiologi Emirat Indonesia digelar Senin November 2023 lalu.

Operasional dan manajemen RS tersebut nantinya akan diserahkan pada Pemerintah Indonesia setelah pembangunan selesai. Rumah sakit khusus jantung Emirat Indonesia tersebut bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya rawat jalan yang terdiri 10 ruang konsultasi, ruang observasi monitoring, kamar khusus treadmill, prosedur jantung dan prosedur neurologi. Selain itu ada pula kamar VIP, perawatan umum, kamar isolasi, ruang operasi, unit perawatan koroner, PICU, ICU, DSU, IGD, dan fasilitas lainnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com