JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Keseruan Siswa SD Al Firdaus Solo Belajar Kepemimpinan Langsung dari Gibran Rakabuming Raka

ara siswa kelas 5 SD Al Firdaus Solo berkesempatan untuk belajar bersama dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tentang topik pembelajaran "Government System", Senin, (27/05/2024) di Aula SD Al Firdaus. Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Para siswa kelas 5 SD Al Firdaus Solo berkesempatan untuk belajar bersama dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tentang topik pembelajaran “Government System”, Senin, (27/05/2024) di Aula SD Al Firdaus.

Pembelajaran tersebut terutama berfokus pada cara pemimpin daerah dalam membuat kebijakan yang berasal dari isu-isu atau masalah di masyarakat.

Sekitar 70-an murid-murid SD Al Firdaus kelas 5 begitu antusias menyambut Gibran, bahkan mereka sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk disampaikan pada saat acara.

Kedatangan Wali Kota Solo sebagai narasumber atau guru tamu pembelajaran di SD Al Firdaus bukan kali pertama, sebelumnya juga hadir pada kegiatan serupa di tahun 2023.

“Sungguh kami sangat surprise, di tengah kesibukan Mas Gibran yang luar biasa, tapi masih mau menyempatkan waktu untuk hadir dan memenuhi undangan kami, untuk menjadi guru kelas inspirasi di Al Firdaus,” ungkap Imam Subkhan, humas Al Firdaus.

Baca Juga :  Resmi Jadi Wali Kota Solo, Teguh Prakosa Targetkan Selesaikan Pekerjaan yang telah Dianggarkan

Dalam kegiatan ini, Gibran tidak secara khusus memaparkan materi, tetapi lebih banyak melakukan interaksi dan tanya jawab kepada siswa.

Ada kurang lebih 8 anak yang mengajukan pertanyaan kepada Gibran.

Seperti “Sekarang ini di Solo mulai ramai dan macet, bagaimana Mas Gibran bisa mengatasinya ? Apa projek terbesar yang dilakukan Mas Gibran selama menjabat wali kota Solo ? Bagaimana kiat Mas Gibran, walaupun masih muda tetapi sudah menjadi orang yang hebat dan sukses ? Bagaimana upaya Mas Gibran untuk mengurangi pengangguran ? Apa saja pembangunan yang sudah dilakukan terutama di Solo bagian Utara, Bagaimana cara memajukan UMKM agar bisa ekspor ke luar negeri, dan seterusnya ?

Dikarenakan keterbatasan waktu, semua pertanyaaan dari siswa yang sudah ditulis di kertas, akhirnya diminta oleh Gibran untuk dikumpulkan.

Rencananya, Mas Gibran akan merespons dan menanggapi semua surat yang sudah ditulis oleh anak-anak tersebut.

Pada kesempatan itu, Gibran juga menjelaskan tentang program 17 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo, mulai dari revitalisasi Kebun Binatang Jurug, revitalisasi taman Balekambang, Pembangunan PLTSA Putri Cempo, Lokananta, Solo Technopark, dan sebagainya.

Baca Juga :  Soal Makan Siang Gratis Turun Jadi Rp 7.500 Per Anak, Gibran Sebut Rp 15.000 Cukup Ideal

Ketika merespons tentang kemacetan di Solo, justru Gibran bertanya kepada murid-murid, “Kalian ke sekolah naik apa? Mobil semua kan?” Sontak anak-anak menjawab, “Iyaaa.” “Nah itu yang bikin macet salah satunya,” kata Gibran sambil tersenyum.

Gibran kemudian berharap anak-anak bisa sekali-kali mencoba untuk naik BST atau angkutan umum yang disediakan oleh Pemkot Solo, agar jalanan tidak penuh oleh mobil-mobil pribadi.

“BST sekarang udah nyaman lho, ber-AC lagi,” kata Giibran melanjutkan.

Termasuk Ketika menjawab tentang UMKM, Gibran menyampaikan agenda kunjungan dan pameran produk di Paris, Perancis, yang diikuti oleh pelaku UMKM dari Solo belum lama ini.

Di akhir acara, Gibran juga sempat membagikan gantungan kunci dan buku kepada anak-anak. Bahkan semua anak berebut untuk mendapatkan tanda tangan dan fotonya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com