JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Setelah Sita 1 Rumah Syahrul Yasin Limpo, Giliran KPK Geledah Rumah Adiknya di Makassar

Anggota kepolisian berjaga saat tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengeledahan di rumah adik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Andi Tenri Angka Yasin Limpo di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 16 Mei 2024. Tim penyidik membawa dua koper yang diduga berisi sejumlah barang bukti setelah dilakukan penggeledahan sekitar enam jam | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah menyita sebuah rumah milik Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakukang, Makassar sebagai barang bukti, Rabu (15/5/2024), giliran tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terhadap rumah keluarga SYL pada Kamis (16/5/2024).

Rumah keluarga SYL yang digeledah oleh Tim Penyidik KPK tersebut beralamat di Jalan Letjen Hertasning, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Ada dua kamar yang digeledah, saya tidak tahu persis kamar siapa, yang pasti mirip kamar utama. Tidak ada (barang) diambil. Tadi mulai 13.30 Wita,” kata Ketua RW setempat Amin Usman usai penggeledahan, Kamis(16/5/2024).

Rumah yang digeledak tim penyidik KPK itu adalah milik adik kandung SYL, Andi Tenri Angka, istri almarhum Andi Darussalam Tabusala, mantan Ketua PSSI Sulsel sekaligus tokoh olahraga di Sulsel.

Sementara itu, penasihat hukum Tenri Angka, Muhammad Nasir memantau proses penggeledahan tersebut.

Baca Juga :  Polemik Bansos untuk Keluarga Pelaku Judi Online, Peneliti Khawatir Dana Bantuan Dipakai Lagi untuk Judi

“Sudah satu jam lalu. Saya diminta memantau rumahnya. Saya sebagai kuasa hukum keluarga. Namun karena teman-teman advokat (pengacara) sudah ada di rumah yang satu, jadi diserahkan kepada kuasa hukum yang sudah ada di dalam,” ujarnya.

Nasir enggan berkomentar tentang apa saja yang diambil oleh penyidik KPK dari rumah adik SYL itu. “Saya tidak mau masuk ke ranah kapasitas KPK, apakah penggeledahan atau ada yang harus disita. Kami tidak sampai ke situ. Soal kaitan rumah ini, belum kami bisa kasih tanggapan untuk sementara. Rumah ini milik Tenri Yasin Limpo, adik SYL dan saya kuasa hukum Tenri Angka,” katanya.

Dalam pengeledahan itu, aparat kepolisian bersenjata lengkap terlihat berjaga-jaga di halaman rumah Jalan Letjen Hertasning nomor 52A tersebut setelah dua mobil masuk membawa penyidik KPK sekitar pukul 14.45 Wita.

Petugas dengan rompi bertuliskan KPK memeriksa sekitar rumah berwarna putih itu dan masuk ke dalam. Ketua RW setempat ikut menyaksikan penggeledahan.

Baca Juga :  Akui Duet Anies-Kaesang Usulan Menarik, PKS: Tapi Hati-hati, Kaesang Bisa Menjadi Beban Anies

“Tim penyidik kemarin telah selesai melakukan penyitaan aset yang diduga milik SYL berupa satu unit rumah yang berada wilayah Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar,” ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Nilai rumah mewah SYL tersebut diperkirakan sekitar Rp 4,5 miliar. Sumber uangnya dari Muhammad Hatta, eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, yang merupakan orang kepercayaan SYL. Muhammad Hatta juga jadi tersangka dalam kasus korupsi di Kementan.

Tim Aset Traking dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK masih terus melakukan penelusuran untuk memback up pengumpulan alat bukti dari tim penyidik dalam kasus yang melibatkan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo ini.

“Diharapkan sitaan ini dapat menjadi asset recovery dalam putusan pengadilan nantinya,” kata Ali Fikri.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com