JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Edukasi Pertumbuhan Anak, Pilih Susu Formula atau Susu UHT?

Ilustrasi susu Formula dan UHT. Istimewa
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Memenuhi kebutuhan gizi anak merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang mereka. DHA (Docosahexaenoic Acid) dan AHA (Arachidonic Acid) adalah dua zat penting yang berperan dalam perkembangan otak dan penglihatan anak.

DHA, yang banyak ditemukan pada ikan laut, membantu pembentukan dan fungsi optimal otak serta penglihatan. AHA, yang juga dikenal sebagai asam arakidonat, mendukung kesehatan sel otak dan sistem kekebalan tubuh.

Kedua zat ini biasanya hanya ditemukan dalam susu formula yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan anak-anak. Oleh karena itu, memilih susu formula yang tepat dengan kandungan DHA dan AHA yang cukup penting untuk mendukung kesehatan dan perkembangan optimal anak Anda.

Dr. Robert Soetandio, Sp.A., M.si.Med, seorang dokter anak menjelaskan bahwa pada dasarnya semua produk susu formula mengandung kumpulan nutrisi utama, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca Juga :  Sederet Minuman Ampuh Menghilangkan Peut Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

“Di samping itu, ada kandungan lain yang tidak kalah penting. Misalnya, AHA dan DHA. senyawa ini termasuk ke dalam asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi perkembangan otak, sistem saraf, dan mata bayi,” ujar dr. Robert, Rabu (12/6/2024).

Lebih lanjut dr. Robert memaparkan para ibu juga disarankan untuk memilih susu formula yang mengandung prebiotik. Biasanya dalam bentuk fruto-oligosaccharides (FOS) dan galacto-oligosaccharides (GOS).

Berbicara mengenai pilihan susu untuk anak, susu formula dan susu UHT (Ultra High Temperature) sering menjadi bahan pertimbangan utama bagi orang tua. Namun, seberapa cukupkah kandungan nutrisi dalam kedua jenis susu ini dalam memenuhi kebutuhan tubuh anak?

Susu formula dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan anak-anak, terutama bagi mereka yang tidak mendapatkan ASI. Diformulasikan dengan berbagai vitamin dan mineral tambahan, susu formula memberikan nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang dibandingkan susu UHT.

Baca Juga :  Sederet Minuman Ampuh Menghilangkan Peut Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

Susu formula juga diformulasikan dengan kadar zat besi, vitamin D, dan kalsium yang tepat untuk kebutuhan anak. Bagi anak dengan intoleransi laktosa, tersedia pula susu formula dengan kadar laktosa yang disesuaikan atau laktosa yang dipecah.

Manfaat lain dari susu formula adalah kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E, serta nukleotida yang mendukung perkembangan sistem kekebalan tubuh anak. Sementara pada susu UHT hanya mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.

Dibandingkan dengan susu UHT, susu formula memiliki beberapa keunggulan, seperti kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang, serta manfaat tambahan untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Memilih jenis susu yang tepat adalah langkah penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu formula menawarkan nutrisi tambahan yang penting bagi anak, terutama dalam tahun-tahun pertama kehidupan mereka. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com