loading...
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Capres-Cawapres untuk Pemilu 2019 bakal menjalani cek kesehatan di  Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Hal itu sesuai dengan ketetapan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sejak kemarin KPU sudah memutuskan di RSPAD,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Sabtu (4/8/2018).

Seperti tahun sebelumnya, RSPAD Gatot Soebroto menjadi tempat pengecekan kesehatan pasangan capres-cawapres. KPU saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit mengenai teknis pengecekan kesehatan. “Nanti pihak RS akan menentukan tim dokter yang akan memeriksa,” kata Arief.

Baca Juga :  IDI Imbau New Normal Dilakukan Setelah Kasus Baru Covid-19 Satu Persen

Sebelumnya, KPU menyebutkan ada empat RS yang dicalonkan menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan pasangan capres-cawapres. Empat rumah sakit itu adalah RSPAD Gatot Soebroto, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), dan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU).

Arief mengatakan rumah sakit itu ditentukan setelah KPU melakukan kunjungan ke empat rumah sakit. Setelah kunjungan, KPU tinggal menanyakan kesiapan rumah sakit menjadi lokasi pengecekan kesehatan capres-cawapres ini. Akhirnya RSPAD Gatot Soebroto yang terpilih.

Baca Juga :  KPK Terima 58 Laporan Gratifikasi Ramadan dan Idul Fitri, Senilai Rp 62,8 Juta

Masa pendaftaran pilpres dimulai pada 4-10 Agustus 2018. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di rumah sakit yang telah ditetapkan pada 5-13 Agustus 2018.

Selanjutnya, pasangan capres akan mengikuti berbagai tahapan sampai akhirnya penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilihan presiden dilakukan pada 20 September 2018. Penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden dilakukan pada 21 September 2018.

www.tempo.co