loading...
Loading...
pexels.com

Pada umumnya orang akan mengatakan bahwa Vitamin A hanya untuk kesehatan mata. Padahal vitamin A adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam banyak proses biologi, bukan hanya mata. Seperti dilansir dari laman Very Well, Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan. Tidak hanya dari buah dan sayur-mayur, vitamin ini juga bisa didapat dalam bentuk suplemen.

Tidak hanya mengandung antioksidan, vitamin A sangat penting untuk penglihatan, kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang, dan jaringan halus. Vitamin A juga mengandung retinol yang membantu produksi pigmen pada retina mata.

Baca Juga :  Anda yang Gendut, Awas Kanker Ginjal!

Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai makanan dengan sumber hewani, seperti kuning telur, produk susu, dan minyak ikan. Sementara itu, buah-buahan dan sayuran mengandung karoten, yang oleh tubuh kemudian diubah menjadi vitamin A. Beta-karoten dan alfa-karoten adalah dua sumber penting karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A. Sumber-sumber karoten adalah aprikot, brokoli, wortel, daun-daunan hijau, berbagai jenis jeruk, dan ubi.

Baca Juga :  Seluruh Gizi Dalam Susu Penting Bagi Tubuh, Begini Aturan Minumnya

Dari Vitamin A, Anda pun bisa mendapatkan manfaat baik untuk kanker, penyakit mata, dan kekebalan tubuh. Namun porsi mengkonsumsi vitamin A pun perlu diperhatikan. Saat asupannya berlebihan (hipervitaminosis) maka dampak buruk yang justru terjadi pada tubuh.

Sejumlah dampak yang bisa terjadi antara lain pembengkakan tulang, kuku retak, sakit tulang, kehilangan selera makan, sudut-sudut mulut nampak retak. Lalu, pandangan buram atau perubahan pada pandangan lainnya, pusing, mual, muntah, kulit kasar, kulit kering dan mengelupas, gatal pada kulit, rambut rontok, bingung hingga infeksi pernapasan.

Baca Juga :  Apa Benar Penderita Diabetes tak Boleh Konsumsi Nasi Putih? Ini Penjelasannya

Apa saja gejala kelebihan vitamin A? Berbagai gejala potensial bisa bervariasi tergantung pada apakah kondisi tersebut akut atau kronis. Namun satu gejala paling umum adalah sakit kepala dan ruam.

Seperti dilansir Medical News Today, dampak bagi orang yang kelebihan vitamin A adalah mudah marah, mudah mengantuk, mual, sakit perut dan muntah.

www.tempo.co

Loading...