JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Tinggal Diam, Pemerintah Telah Siapkan Dana Rp 560 Miliar untuk Tangani Gempa Palu

tempo.co
   
Ilustrasi/tempo.co

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah saat ini telah menyiapkan dana sebanyak Rp 560 miliar untuk penanganan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Menurut dia dana itu merupakan dana siap pakai atau on call yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

“Permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar. Kami segera proses hari ini supaya bisa dicairkan sesegera mungkin, hari Senin atau bahkan kalau besok memungkinkan dari perbankan bisa dicairkan,” kata Sri Mulyani ditemui di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Sabtu (29/9/2018).

Baca Juga :  Ketum PPP Hadir di Halalbihalal Golkar, Isyarat Gabung Kubu Prabowo?

Sebelumnya, gempa magnitudo 7,4 SR menggoyang Donggala, di Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) sekitar pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut kemudian disusul dengan terjadinya tsunami di wilayah Kota Palu.

Menurut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa di Donggala dan tsunami di Palu disebabkan oleh aktivitas sesar Palu-Koro. Adapun hingga Sabtu siang, 29 September 2018 BNPB mencatat ada 48 orang meninggal dan 356 luka-luka akibat gempa di Donggala dan Palu.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dana tersebut akan fokus untuk digunakan dalam rangka penanganan pertama pada korban. Baik yang berupa penyelamatan, keselamatan maupun kesehatan.

Baca Juga :  Jimly Asshiddiqie Ajak Semua Pihak Move On dan Menerima Usai Putusan MK

“Kami bicara nyawa manusia, jadi itu yang kami lakukan pada minggu awal. Tolong masyarakat diinisiasi kesehatan, keselamatan, stok makanan, dan minuman dan shelter sementara,” katanya.

Karena itu, Sri Mulyani berujar dana ini tidak akan digunakan untuk persoalan perbaikan infrastruktur terlebih dahulu. Menurut Sri Mulyani, penggunaan dana yang fokus pada hal-hal itu karena pemerintah ingin fokus pada meminimalkan korban dari bencana. “Rumah sakit dan lainnya nanti kami lihat assesment dari kerusakannya,” ujar Sri Mulyani.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com