JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Daun Sirih Dapat Hentikan Mimisan? Ini Penjelasan dari Dokter Spesialis

Ilustrasi. pexels
Ilustrasi. pexels

JOGLOSEMARNEWS – Kebanyakan masyarakat di Indoensia beranggapan bahwa daun sirih bisa menghentikan darah yang keluar dari hidung atau mimisan. Caranya, daun sirih disumbatkan ke hidung yang mimisan tersebut.

Namun, apakah secara medis cara itu benar-benar demikian? Ternyata, secara medis hal itu belum teruji kebenarannya.

Dokter spesialis telinga, hidung, tenggorok – bedah kepala leher, RSUD Dr Soetomo, dr Rosydiah Rahmawati SpTHT-KL, menyatakan bahwa menyumbat hidung yang mimisan menggunakan daun sirih belum terbukti mampu menghentikan darah mimisan.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

Rosydiah mengatakan daun sirih memang dapat mempercepat penghentian pendarahan. Misalnya, luka yang diobati dengan daun sirih dapat kering lebih cepat.

Tapi untuk mimisan, Rosydiah mengungkapkan belum terbukti kebenarannya.

“Lagi pula daun sirih bertekstur keras. Apabila dimasukkan ke dalam hidung bisa menimbulkan rasa sakit,” kata Rosydiah, Rabu (19/12/2018).

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Juga Bikin Anak-anak Stres, Ini Tips Menjelaskan tentang Virus Corona pada Anak agar Tidak Cemas

Untuk menghentikan mimisan, Rosydiah memberi tips cukup duduk tegak kemudian hidung ditekan selama 2-3 menit.

Jika mimisan tak juga berhenti atau bahkan menjadi lebih parah, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapat kepastian penyebab dan pengobatan mimisan tersebut.

Jadi, jelasnya, tidak perlu memakai daun sirih.

www.tribunnews.com