JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sidak di Tawangmangu, Menhub Masuk ke Kolong Bus Pariwisata Untuk Cek Kelaikan Mesin

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengecek kondiri armada di Tawangmangu Karanganyar Kamis (27/12/2018). Foto/Wardoyo
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengecek kondiri armada di Tawangmangu Karanganyar Kamis (27/12/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama tim Korlantas Polri menggelar inspeksi dadakan ramp check pada sejumlah bus pariwisata yang berada di kawasan Balekambang, Tawangmangu, Karanganyar, Kamis (27/12/2018). Ada yang menarik dari kegiatan pengecekan kelaikan armada dan sopirnya itu.

Sebab Menhub tak canggung untuk terjun langsung mengecek beberapa bagian armada bus pariwisata. Termasuk ketika ia mengecek sampai ke kolong bawah bus pariwisata untuk mengecek kondisi mesin. Dalam kesempatan tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi himbau agar semua operator bus pariwisata, lebih mengutamakan faktor keselamatan saat perjalanan libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Baca Juga :  Sedih, Kompetisi Sepakbola Liga Internal Karanganyar Terpaksa Ditunda Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan. Padahal Pas Gayeng-gayengnya, Tren Kasus Covid-19 Jadi Alasan..

Didampingi, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Budi Karya turun langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perizinan, berbincang dengan pengemudi.

Bahkan sopir bus ini juga tak luput dari pengecekan urin untuk memastikan mereka tidak menggunakan obat terlarang.

“Pengecekan kelayakan armada bus ini memang diperlukan. Alhamdulillah hasil cek urin hasilnya baik. Dipastikan supir dalam kondisi sehat (untuk mengemudi),” papar Menhub kepada wartawan Kamis (27/12) sore.

Baca Juga :  Ziarah ke Giribangun, Pangdam IV Diponegoro Kalungkan Untaian Melati di Pusara Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien. Ingatkan Apapun Perjalanan Hidupnya, Soeharto Dinilai Berjasa Besar untuk TNI

Setelah semua pemeriksaan dinyatakan memenuhi persyaratan Menhub Budi menempelkan sendiri stiker di sisi kiri bus untuk menandakan bus tersebut lolos uji kelaikan dan bisa melakukan perjalanan.

Kepada Korlantas dan seluruh jajaran Polres agar rutin melakukan ramp check, tes urin khususnya di daerah -daerah wisata yang padat kunjungan wisatawan.

“Harus dipastikan bus parawisata laik jalan sebelum mengangkut penumpang. Oleh karenanya kami intensif lakukan ramp check untuk rem, lampu, weeper, dan fungsi lainnya. Termasuk kondisi sopir bus dalam keadaan fit,” pesannya. Wardoyo