JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sandiaga Sebut Sistem BPJS Kesehatan Malah Menyusahkan dalam Memperoleh Akses Kesehatan

Cawapres no urut 2, Sandiaga Uno menunjukkan amplop sumbangan dari jemaat di Kuwungsari, Sragen Minggu (30/12/2018). Foto/Wardoyo
   
Cawapres no urut 2, Sandiaga Uno menunjukkan amplop sumbangan dari jemaat di Kuwungsari, Sragen Minggu (30/12/2018). Foto/Wardoyo

JAKARTA – Calon wakil presiden 2 Sandiaga Uno mengkritik soal sistem di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan yang dinilai malah menyusahkan masyarakat.

“Insya Allah kami akan perjuangkan masalah pelayanan kesehatan ini. Saya dan Pak @prabowo akan memperbaiki tata kelola BPJS, karena sistem BPJS Kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan,” katanya seperti dikutip dari akun Twitter resminya, @sandiuno, Minggu(30/12/2018).

Pernyataan ini disampaikan setelah sebelumnya Sandiaga mengunggah video yang berisi keluhan dari Ibu Liswati di Sragen, Jawa Tengah. Di video berdurasi 58 detik itu, Liswati mengaku sebagai pasien kanker payudara yang tidak ditanggung biaya pengobatannya oleh pemerintah.

“Saya adalah pasien kanker payudara yang tidak di-cover oleh pemerintah obatnya. Nah saya mohon untuk Bank Sandi untuk bisa membantu teman-teman kita yaitu seperti saya, obat Herceptin itu tidak dijamin oleh BPJS,” kata Liswati. Hingga kini cuitan tersebut menuai 55 komentar dan di-retweet sebanyak 492 kali. Cuitan itu juga disukai oleh 1.557 netizen.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Sandiaga mengaku bisa memahami keluhan Liswati tersebut. “Hal ini sangat memberatkannya sebagai warga kecil. Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan.”

Dalam cuitannya itu, Sandiaga juga berjanji bahwa jika dirinya dan Prabowo Subianto terpilih dalam pemilihan presiden 2019, maka pelayanan kesehatan dipastikan bisa melayani seluruh lapisan masyarakat. “Ke depan, kami pastikan tidak ada rumah sakit dan puskesmas yang dihutangi lagi, dan kami pastikan pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan ke kelas menengah ke atas, tapi juga untuk seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan seperti Bu Liswati,” ucapnya.

Cuitan Sandiaga itu berkembang viral. Hingga kini cuitan tersebut telah dikomentari oleh 328 orang dan di-retweet hingga 1.033 kali. Sementara sebanyak 3.354 orang menyukai cuitan tersebut.

Salah satu netizen yang mengomentari cuitan itu adalah Syahrizal. “Caranya gimana bang, supaya tidak hutang seperti kasus bpjsk saat ini.? Sementara pemerintah saat ini meninggalkan hutang bejibun PR yang luar biasa sulit..!!!” seperti dikutip dari akun @SyahrizalReza20.

Baca Juga :  Ingat Bharada Richard Eliezer di Kasus Ferdy Sambo? Kini Resmi Menikah dan Pindah Agama

Ada juga Ade Zulkarnain yang mempertanyakan cara agar BPJS Kesehatan tak lagi terlilit utang. “BPJS adalah institusi, yang bukan Profit Centre, tapi institusi yang harus mampu menciptakan keadaan agar yang sehat membantu yang sakit. Yang kuat membantu yang lemah. Kenapa yang terjadi si lemah dan butuh pengobatan selalu tersulitkan?” seperti dikutip dari akun @AdeZulkarnain25.

Atas kritik Sandiaga tersebut, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Syaifuddin mengatakan lembaganya masih menanggung sebagian dari obat untuk penderita kanker payudara. “Selama obatnya mengikuti ketentuan dalam formularium obat nasional (fornas),” kata Arief saat dihubungi, Rabu, 2 Januari 2019. Formularium ini ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yang disusun bersama tim pakar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com