JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

430.439 Surat Suara Pilpres Tiba di KPU Solo

Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istimewa

SOLO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta telah menerima sebanyak 430.439 surat suara calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2019. Seluruh surat suara tiba di gedung KPU.Surakarta pada Selasa (5/2/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Komisioner KPU Surakarta Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Kajad Pamuji Joko Waskito menuturkan, jumlah tersebut termasuk surat suara tambahan atau cadangan untuk 2% per Tempat Pemungutan Suara (TPS) seperti yang diajukan pihaknya.

“Sebanyak 216 boks sudah diterima dimana masing-masing boks berisi 2.000 lembar surat suara untuk 1.732 TPS yang ada di lima kecamatan di Kota Solo,” paparnya, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga :  Niat Maju Pilwakot, Cucu PB XII BRA Poetri Wulan Sari Cari Armada Koalisi

Kajad mengatakan, pihaknya belum dapat berbuat banyak terhadap kotak-kotak surat suara tersebut selain hanya menyimpannya saja. Termasuk untuk penyortiran, lanjutnya, pihaknya harus menunggu instruksi dari KPU Pusat.

“Kemungkinan penyortiran akan dilakukan Februari ini, menunggu dari pusat. Karena kaitanmya dengan tenaga penyortir juga,” ujarnya.

Di sisi lain, surat suara yang tiba 5 Februari tersebut merupakan pengiriman gelombang pertama. KPU Solo masih akan menerima surat suara empat tahap lagi dari KPU pusat. Yakni surat suara caleg DPRD kota, DPRD Provinsi, DPD, dan DPR RI. Mengingat saat pemilu 17 April mendatang akan ada lima kotak suara.

Baca Juga :  Aksi Pencurian Mobil Bank BRI Solo Sempat Bikin Heboh, Ternyata Ini Motif Pelaku

“Percetakan surat suara adalah PT Balai Pustaka, Jakarta. Kita minta bantuan Polresta Solo untuk pengamanan surat suara selama 24 jam. Sisanya yang surat suara pileg kami belum tahu kapan akan datang,” pungkasnya. Triawati PP