JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Buka Bersama Para Napi, Ketua DPRD Sragen Ajak Putra Kecilnya Beri Tauziyah. Tanya Napi, di Sini Lauknya Apa! 

Putra sulung Ketua DPRD Sragen, Ibrahim Yarkan saat memberikan tauziyah di hadapan para napi bersama bapaknya dan Kalapas Sragen, Jumat (31/5/2019). Foto/Wardoyo
   
Putra sulung Ketua DPRD Sragen, Ibrahim Varkan saat memberikan tauziyah di hadapan para napi bersama bapaknya dan Kalapas Sragen, Jumat (31/5/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto membuat kejutan dengan menggelar agenda buka bersama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sragen, Jumat (31/5/2019) petang. Menariknya, pimpinan legislator di Sragen itu mengajak putra kecilnya, Ibrahim Varkan untuk ikut hadir berbagi menu buka bersama dengan puluhan narapidana di hotel prodeo Sragen itu.

Bambang tiba di Lapas sekira pukul 16.30 WIB. Bapak anak itu tampil beda dengan jubah terusan hingga menutup mata kaki.

Setiba di Lapas, ia langsung disambut Kepala Lapas Sragen, Yosef Suparman Yembise dan jajaran pegawai di Lapas. Kemudian rombongan menuju ke masjid di Lapas Sragen yang berada di bagian dalam.

Sambil menunggu waktu buka, Bambang kemudian memperkenalkan diri dan putra kecilnya yang baru liburan dari Pondok Pesantren Darul Quran Tangerang itu.

Ibrahim kemudian berdiri di depan dan memberikan sedikit tauziyah di hadapan para napi. Meski masih hijau, bocah yang baru duduk di kelas VII Ponpes Darul Quran itu tampil lugas dan nyaris tanpa rasa canggung menyampaikan beberapa wejangan di hadapan napi yang rata-rata berusia senja.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

“Di Lapas dan di Pondok itu enggak jauh beda kok. Kalau sudah masuk udah enggak bisa keluar. Hampir sama. Di sini lauknya apa? Ikan asin? Sama kok,”  ujar Ibrahim.

Hampir 10 menit, bocah kecil itu memberikan ceramah singkatnya. Kemudian berlanjut pada sambutan Kalapas.

Foto/Wardoyo

Bambang Samekto mengaku sengaja membawa putranya itu karena kebetulan sedang libur dari pondok dan memang ada tugas dari pondok untuk menyampaikan ceramah.

Ia menguraikan agenda buka bersama dengan para napi di Lapas Sragen itu bukan kali pertama karena sudah tiap tahun ia lakukan sejak menjabat jadi Ketua DPRD Sragen. Menurutnya hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian sekaligus berbagi bersama dengan para napi yang terpaksa harus menjalani puasa jauh dari keluarga.

“Ini bukan pencitraan lho ya. Karena saya enggak mau nyalon apa-apa. Pileg sudah selesai, Pemilu juga sudah selesai. Intinya memang hanya ingin berbagi dengan para napi,” paparnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Ia berharap dengan berbagi bersama, setidaknya bisa memberikan penguatan moril bagi mereka yang sedang menjalani penjara. Diharapkan para napi tetap berbesar hati dan senantiasa mendekatkan diri pada sang kuasa sehingga bisa semakin baik ketika bebas kelak.

“Karena yang di dalam sini belum tentu lebih buruk dari yang di luar sana. Yang di luar pun juga belum tentu lebih baik dari yang di sini. Maka dari itu jangan patah semangat dan tetap berdoa sehingga kehidupan ke depan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sementara, Kalapas Yosef Yembise menyambut baik agenda buka bersama yang diinisiasi Ketua DPRD Sragen tersebut. Menurutnya saat ini ada 526 napi yang menghuni di Lapas Sragen.

“Kami berterimakasih atas kepedulian Bapak Ketua DPRD yang telah berkenan berbuka bersama dengan para anak binaan. Semoga barokah,” tukasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com