JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Di Bawah Ahok, Komposisi Komisaris Pertamina Diwarnai Ahli Hukum Hingga Perwira Polisi

kolase / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di bawah kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), komposisi Komisaris di PT Pertamina diwarnai dengan tokoh ahli hukum hingga perwira polisi.

Ahok sendiri ditetapkan menjadi Komisaris Utama Pertamina melalui SK Menteri BUMN Nomor SK-282/MBU/11/2019 tertanggal 22 November 2019.

SK diberikan kepada Ahok di Kantor Kementerian BUMN, Senin (25/11/2019) kemarin. Selain Ahok, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengangkat Budi Gunadi Sadikin yang merupakan Wakil Menteri BUMN sebagai Wakil Komisaris dan Komjen Pol Condro Kirono sebagai Komisaris.

Baca Juga :  Sejak Pilpres 2004 Hingga 2024, MK Selalu Tolak Gugatan Pilpres, Prabowo Cetak ‘Hattrick’ Ditolak MK, Kini Kondisi Berbalik

Dikutip dari laman resmi Pertamina, Selasa (26/11/2019), pengangkatan tiga komisaris baru itu sekaligus memberhentikan tiga komisaris lama yakni Tanri Abeng dari jabatan Komisaris Utama, Arcandra Tahar dari jabatan Wakil Komisaris Utama dan Gatot Trihargo dari Komisaris.

Tanri Abeng telah menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Mei 2015, Arcandra Tahar menjabat Wakil Komisaris Utama sejak November 2016 dan Gatot Trihargo menjabat posisi Komisaris sejak April 2019.

“Pergantian direksi dan komisaris merupakan kewenangan Pemegang Saham. Surat Keputusannya sudah ditetapkan,” ujar Vice President Communication Pertamina, Fariyah Usman, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Baca Juga :  Nepotisme Jokowi untuk Pencalonan Gibran sebagai Cawapres Tak Terbukti di Sidang Putusan MK

Masuknya Condro Kirono sebagai Komisaris Pertamina terbilang mengejutkan, karena sebelumnya tak pernah disinggung oleh Erick Thohir.

Jabatan terakhir jenderal bintang tiga itu adalah Analis Kebijakan Utama Polri yang sebelumnya menduduki posisi Kabarhakam Polri.

Berbagai jabatan strategis pernah dipegang Condro, di antaranya Kapolda Jateng dan Kakorlantas Polri.

Sementara itu sebagai Komisaris adalah Ego Syahrial, Suahasil Nazara dan Alexander Lay.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com