JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Patuhi Pesan Jokowi, Prabowo Komitmen Cegah Kebocoran Anggaran Alutsista

   
Menteri Pertahanan Republik Indonesia H. Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menhan Republik Ghana Dominic B.A. Nitiwul, di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta (21/11/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Selaras pesan presiden Jokwi dalam rapat terbatas (Ratas), Menteri Pertahanan (Menhan) Prbowo Subianto menegaskan komitmennya untuk mencegah terjadinya kebocoran anggaran dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Hal itu dikatakan oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak. Dia mengatakan, Menteri Prabowo sejak hari pertama menjabat sudah berkomitmen mencegah kebocoran anggaran dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Hal ini selaras dengan perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rapat terbatas, Jumat lalu, 22 November 2019.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut Bus di Subang, Pengamat: Study Tour Mestinya Dilarang

“Beliau menyampaikan, tidak ingin ada kebocoran dan korupsi dalam belanja Alutsista dan sektor pertahanan secara keseluruhan,” kata Dahnil saat dihubungi Tempo, Minggu (24/11/2019).

Prabowo akan menyampaikan sejumlah langkah untuk mencegah penyelewengan anggaran.

“Mengecek alokasi anggaran untuk perbelanjaan apakah sesuai dengan kebutuhan pertahanan dan target MEF (minimum essential force) serta dapat dipertanggungjawabkan dari sisi ekonomis, efisien, dan efektifitasnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Diputus Cinta oleh Pacar, Remaja Asal Gunungkidul Ini Melampiaskannya dengan Menjadi Begal Payudara

Dalam rapat terbatas, Presiden Jokowi memerintahkan Prabowo agar mengubah pola pikir yang selama ini digunakan dalam setiap pengadaan Alutsista. Ia meminta agar tidak lagi berorientasi sekadar penyerapan anggaran atau proyek.

Saat ditemui setelah rapat, Prabowo mengatakan jika mendapat perintah untuk memastikan tidak ada penyelewengan anggaran negara dalam pengadaan Alutsista.

“Beliau sangat tegas kepada saya, tidak boleh ada kebocoran, tidak boleh ada penyimpangan, penyelewengan.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com