JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas, Dilanda Badai dan Angin Kencang, 4 Jalur Pendakian di Gunung Lawu Dinyatakan Ditutup

Seorang pendaki cilik sedang menyusuri jalur Cemorosewu, di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Badai dan angin kencang yang melanda kawasan Gunung Lawu mengakibatkan ditutupnya jalur pendakianย di beberapa titik.

Beberapa akses pendakian yang ditutup berada di Karanganyar, Jawa Tengah, yaitu Cemoro Kandang dan Candi Cetho. Sedangkan dua lainnya di Magetan, Jawa Timur, yakni Cemoro Sewu dan Singolangu.

Asisten Perhutani Lawu Selatan KPH Lawu DS Marwoto mengatakan penutupan empat jalur pendakian itu dilakukan serentak sejak Jumat ( 3/1/2020).

Ini dilakukan berdasarkan hasil koordinasi sejumlah pihak, seperti Perum Perhutani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dua kabupaten, dan relawan guna menghindari terjadinya musibah yang berdampak pada keselamatan para pendaki.

“Karena terlalu berbahaya. Kami sudah mengimbau kepada para pecinta alam khususnya pendaki agar tidak nekat,” kata dia saat dihubungiย Tempo, Minggu (5/1/2020).

Peringatan itu disampaikan oleh petugas dan relawan yang bersiaga di loket pos pendakian. Selain itu, melalui papan yang berisi tentang larangan mendaki lantaran cuaca buruk tengah berlangsung di Gunung Lawu.

“Alhamdulillah, sampai hari ini tidak ada yang nekat mendaki,” ujar Marwoto.

Disinggung tentang rencana kembali dibukanya jalur pendakian, ia menyatakan belum dapat dipastikan. Sebab, ditentukan oleh kondisi cuaca.

Jika sudah normal, maka para pendaki diizinkan masuk untuk mendaki Gunung Lawu dari empat jalur yang telah disediakan.

“Setelah angin tidak kencang dan petugas di empat pos pendakian sepakat, maka jalur akan dibuka lagi,” kata dia.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra mengatakan angin kencang yang terjadi di kawasan Gunung Lawu mengakibatkan sejumlah pohon roboh pada Jumat dan Sabtu kemarin.

Adapun lokasinya di ruas jalan antara Telaga Sarangan hingga Pos Pendakian Cemoro Sewu.

“Sekitar lima pohon yang ambruk dan sempat menutup jalan. Di lokasi juga terjadi longsor berskala kecil dari tebing di samping jalan,” kata Fery.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com