JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Ratusan Guiding Block Jalan Suroto Yogyakarta Hilang Dicuri

Komponen guiding block area pedestrian Suroto di gang antara Kantor Bulog Divre DIY dan Kantor Kompas hilang, Selasa (1/1/2019). Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya 529 guiding block di sepanjang Jalan Suroto Yogyakarta raib dicuri. Kasus hilangnya guiding block tersebut diketahui setelah pihak Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta melakukan inventarisasi beberapa waktu yang lalu.

Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana mengatakan guiding block yang hilang terdiri dari jenis guiding block panjang dan guiding block bulat.

Baca Juga :  Sendratari Sang Ratu Digelar di Pantai Cemoro Sewu dengan Protokol Ketat

“Kami sudah inventarisasi guiding block yang hilang. Ada sekitar 324 guiding block yang model panjang hilang. Model guiding block model bulat yang hilang ada sekitar 205,”katanya saat dihubungi media Senin (17/02/2020).

Menurut Hari, dari keterangan yang disampaikan oleh warga, guiding block yang hilang tersebut dicuri oleh orang.

“Kami tadi bertemu dengan warga yang tinggal di Jalan Suroto, katanya ada yang ngonangi (memergoki) ngambil guiding block. Sangat prihatin, kok bisa sampai hilang,”terangnya.

Baca Juga :  Pulang dari Banten dan Surabaya, 4 Warga Gunungkidul Positif Covid-19

Hilangnya guiding block ini sangat disayangkan karena bisa mengganggu fungsi utamanya sebagai petunjuk jalan bagi penyandang disabilitas.

Sebagai solusi, menurut Hari pihaknya saat ini sudah memesan guiding block untuk mengganti yang hilang.

Harapannya, setelah dipasangi kembali, tidak ada lagi kasus pencurian guiding block.

www.tribunnews.com