JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Antisipasi Corona, Kompleks Makam Tebuireng Ditutup Sementara

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng Gus Sholah, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo berziarah ke makam Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, 18 Desember 2018. TEMPO/Friski Riana
   

JOMBANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kompleks Makam Tebuireng di Jombang, Jawa Timur ditutup sementara mulai Senin dini hari, 16 Maret 2020 pukul 00.00 WIB. Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Abdul Hakim Mahfudz menyatakan keputusan penutupan sementara akses ke makam bagi peziarah itu diambil sebagai antisipasi wabah penularan virus Corona atau Covid-19.

“Berkenaan dengan kebijakan ini, kami atas nama keluarga besar Pesantren Tebuireng menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” kata Abdul Hakim Mahfudz dalam siaran pers yang diterima, Ahad, 15 Maret 2020.

Keputusan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 1524/I/HM 00 01/PENG/2020 tertanggal 14 Maret 2020. Penutupan kompleks makam keluarga pesantren Tebuireng itu berlaku sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga :  MK Kembali Terima Dokumen Amicus Curiae, Kali Ini Datang dari Asosiasi Pengacara Indonesia di AS

Di kompleks makam keluarga Pesantren Tebuireng terdapat beberapa makam pahlawan sekaligus tokoh nasional, seperti pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang juga pendiri Pesantren Tebuireng KH Hasyim Asy’ari, bekas Menteri Agama pertama RI KH Wahid Hasyim, bekas Presiden RI keempat dan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan bekas Wakil Ketua Komnas HAM yang meninggal dunia 2 Februari 2020 lalu, KH Salahudin Wahid (Gus Solah).

Sejak Gus Dur wafat dan dimakamkan di Tebuireng pada 31 Desember 2009, kompleks makam keluarga Pesantren Tebuireng semakin ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri.

Baca Juga :  Muncul Rumor Perpecahan di Internal PDIP, Ini Bantahan Hasto

Sekretaris Pesantren Tebuireng Abdul Ghofar menambahkan kebijakan penutupan kompleks makam tersebut diambil sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19 di ruang publik seperti anjuran pemerintah.

“Kami putuskan kebijakan tersebut dalam rapat pimpinan dan Majelis Keluarga Pesantren Tebuireng dengan merujuk anjuran yang disampaikan pemerintah,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Gus Ghofar ini menuturkan kompleks makam Pesantren Tebuireng juga digunakan sebagai tempat mengaji santri. Sehingga untuk mencegah penularan virus dari luar pesantren, maka pesantren menutup kompleks makam sampai batas yang belum ditentukan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com