loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus gencar memerangi penyebaran virus Corona. Salah satu upaya yang direalisasikan adalah dengan pembatasan jam operasional mal dan restoran serta tempat hiburan.

Peraturan terkait pembatasan jam operasional tersebut diberlakukan berdasarkan SE Walikota Surakarta Nomor 510/708 tentang jam operasional tempat hiburan, pusat perbelanjaan mal, mal retail, pasar modern, pusat kuliner, gedung pertemuan dan hotel dalam hal tindak lanjut penyebaran virus korona di Kota Solo.

Pembatasan jam kerja mulai berlaku Selasa (24/3/2020) hingga tanggal 29 Maret 2020. Namun hal itu bisa diperpanjang sesuai dengan ketentuan dan setelah dilakukan evaluasi terkait efektifitas peraturan.

Baca Juga :  Update Terbaru Kasus Corona Jateng Hari Ini, Jumlah ODP 8.282 Orang, 396 PD Dirawat, 81 Positif dan 7 Meninggal

Diberlakukan mulai saat ini, jam operasional tempat hiburan, pusat perbelanjaan mal, mal retail, pasar modern dan pusat kuliner di Solo mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB, serta menerapkan social distancing.

Selain itu, untuk gedung pertemuan dan hotel tidak diperbolehkan menerima pesanan atau menyelenggarakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak dalam kurun waktu tersebut. Lalu untuk tempat-tempat ibadah atau lembaga keagamaan harus menunda atau menghindari dan membatalkan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Rudy mengatakan, seharusnya para pengusaha sudah memiliki kesadaran terhadap fungsi Social Distancing tersebut. Dengan demikian meskipun tidak ada SE, mereka seharusnya sudah mengetahui harus mengambil langkah apa.

Baca Juga :  Inovatif, Sejumlah Mahasiswa UNS Ciptakan Bilik Disinfektan

“Yang namanya gotong royong ya seharusnya tidak perlu SE untuk melaksanakannya. Tapi jika perlu SE, ya kami buatkan,” tukasnya. Prihatsari