JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bisa Perburuk Situasi, Mafindo Minta Masyarakat Waspadai Info Berlebihan Soal Covid-19

berita hoax
ilustrasi. Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Infodemik seputar virus corona atau covid-19, jika tidak diwaspadai bisa membuat seseorang celaka, dan dampak yang paling buruk bisa menemui kematian.

Hal itu dikatakan oleh pendiri Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Harry Sufehmi di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Harry meminta masyarakat mewaspadai infodemik seputar Covid-19. Infodemik adalah istilah untuk gelombang informasi berlebihan tentang suatu masalah.

Infodemik dapat berupa misinformasi, disinformasi atau rumor yang menciptakan kebingungan dan rasa tidak percaya di masyarakat.

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

“Infodemik itu memperburuk situasi kita di saat Pandemi ini,” kata Harry.

Harry mengatakan infodemik juga bisa menyebabkan korban jiwa. Misalnya informasi mengenai obat yang disebut bisa menyembuhkan Covid-19.

Ada pula informasi keliru yang menyebutkan bawang putih bisa menyembuhkan penyakit ini. Informasi itu, kata dia, membuat masyarakat menjadi tidak waspada.

“Jadi lengah enggak apa-apa, kalau kena tinggal kasih bawang putih, padahal sebetulnya hoaks,” kata dia.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Untuk menghindari infodemik, Harry mengimbau masyarakat selalu mengecek ulang informasi yang diterima. Sumber informasi juga sangat penting.

Dia mengatakan kabar bohong punya ciri khas, yakni cenderung membangkitkan kemarahan dan ketakutan.

Dia meminta masyarakat menganggap kabar seperti itu sebagai hoaks, sampai ada bukti yang mengatakan sebaliknya.

Mafindo mencatat hingga 17 April, ada 301 berita hoaks seputar Covid-19. Sedangkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat ada 566 kasus hoaks.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com