JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Efektif Cegah Tindakan Kriminal, Kapolresta Solo Minta Masyarakat Maksimalkan Ronda dan Siskamling

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai saat melakukan pengecakan langsung puluhan petugas bersenjata lengkap di halaman mapolres, Senin (20/04/20). Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk meminimalisir dan mencegah tindakan kriminal. Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai menyebut, pemaksimalan aktivitas ronda dan siskamling jadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

“Seperti yang disampaikan walikota kemarin, untuk lebih mengaktifkan ronda dan ketongan. Langkah itu bisa mengeliminir dan menjaga timbulnya gangguan keamanan,” kata Andy Rifai kepada awak media.

Nantinya, lanjut dia, masyarakat berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas setempat untuk menjaga kondusivitas keamanan. Meski demikian, perwira polisi berpangkat melati tiga itu juga menekankan warga untuj ikut berperan memberikan informasi kepada petugas apabila terjadi tindak kriminalitas.

Baca Juga :  Bersama Bajo, Gibran-Teguh Deklarasikan Kampanye Damai

“Jadi kami dan masyarakat bersama-bersama mencegah itu. Segera laporkan bila ada masalah kriminal dan tidak menyebarkan ke media sosial agar tidak meresahkan,” ujar dia.

Disinggung pengawasan mantan narapidana yang bebas karena asimilasi, Andy menegaskan pihaknya sudah mendata alamat eks narapidana. Pihaknya juga memerintahkan masing-masing kapolsek untuk melakukan pengawasan.

Baca Juga :  Koleksi Ratusan Keris, Mantan Ketua Umum PSSI Sekaligus Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti Mendapat Gelar Pangeran Hardonagoro dari Keraton Solo

“Mereka juga diberi himbauan-himbauan untuk bisa menjaga situasi keamanan di Kota Solo,” tegasnya.

Sebelumnya, kapolresta mengerahkan tim Sparta (Spesialis Antipekat, Rusuh, Terorisme, dan Anarkis) dan Resmob sebagai langkah pencegahan. Penerjunan tim Sparta dan Resmob sebagai langkah memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Prabowo