JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pandemi Corona, PKK Kota Solo Gencar Lakukan Sosialisasi

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Elisabeth Endang Prasetyaningsih (dua kanan) melakukan sosialialisasi bahaya virus corona melalui video di Loji Gandrung / Dok Pemkot Surakarta

Video: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Semua lini di Kota Surakarta terdorong untuk bahu membahu melakukan sosialisasi mengenai bahaya virus Corona.

Tak terkecuali dengan tim penggerak PKK Kota Surakarta. Belum lama ini, digelar sosialisasi mengenai bahaya dan tips mencegah terpapar virus mematikan tersebut di rumah dinas Walikota Surakarta di Loji Gandrung.

Sosialiasi tersebut dilakuan melalui video, sebagai upaya untuk menjaga phisical distancing selaras dengan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Dalam video tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Elisabeth Endang Prasetyaningsih, mengajak seluruh kader PKK di Kota Surakarta untuk tetap berada di rumah.

Baca Juga :  Dinilai Langgar Kode Etik, 5 Anggota Bawaslu Sragen Disidang DKPP di Solo Pagi Ini, Masyarakat Dapat Menyaksikan Lewat Medsos Ini

“Jika terpaksa harus keluar karena kepentingan mendesak, harus menggunakan masker,” ujar Endang, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim Ratna Dewi P, selaku OPD Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkot Surakarta ke Joglosemarnews.

Lebih lanjut, Endang menyarankan para kader PKK untuk membiasakan cuci tangan. Pasalnya, tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda apapun, sehingga secara tak sadar menjadi media penularan virus.

“Cuci tangan sebenarnya merupakan anjuran lama, namun sekarang baru ketahuan pentingnya,” lanjutnya.

Di samping menjaga kebersihan, Endang juga menyarankan untuk senantiasa menjaga imunitas tubuh, yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi. Ia berharap para kader PKK Kota Surakarta memiliki lahan untuk menanam toga atau sayuran.

Baca Juga :  Polisi Bekuk 4 Pelaku Penipuan Berkedok Lelang di Instagram, Kaesang Pangarep Nyaris Jadi Korban

Selain Elisabeth Endang Prasetyaningsih, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah pun ikut memberikan video conference dengan 35 kabupaten dan kota terkait dengan pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Melalui paparannya, Endang meminta para kader PKK menyebarkan informasi tersebut ke masyarakat sekitar. Namun ia berpesan agar sosialisasi tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan, salah satunya yakni tidak menimbulkan kerumunan orang.

Sosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yang aman, misalnya dengan cara online melui media sosial atau komunitas dan grup-grup WhatsApp. suhamdani