JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Penambahan Kasus Covid 19 di Jateng Tertinggi Tingkat Nasional, Razia Masker Digencarkan

Tim gugus tugas gabungan yang terdiri dari tim gerak cepat (TGC) Dinas Kominfo, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Satpol PP, Satgas Kecamatan Mranggen dan Desa Kangkung telah menggencarkan razia masker. Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) hingga kini masih belum berakhir. Kini jumlah orang yang terpapar di Indonesia mengalami kenaikan. Per Rabu (15/7/2020), kasus positif covid-19 di Indonesia menjadi 80.094 orang. Sebaran penambahan kasus baru tersebut paling tinggi adalah Jawa Tengah, yaitu 261 kasus dan sembuh 120 pasien.

Jumlah ini berdasarkan data yang masuk ke pemerintah pusat hingga Rabu siang, baik tes real time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) maupun Tes Cepat Molekuler (TCM).
Dalam siaran perkembangan penanganan virus corona ter-update pada Rabu (15/7/2020) hari ini, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan, terdapat 24.871 spesimen yang diperiksa per hari ini.

“Kami dapatkan kasus baru konfirmasi positif covid-19 sebanyak 1.522 orang,” kata Yurianto saat menyampaikan perkembangan kasus Corona di Graha BNPB Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Lebih rinci, Yurianto mengungkapkan, sebaran penambahan kasus baru tersebut paling tinggi adalah Jawa Tengah, yaitu 261 kasus dan sembuh 120 pasien.

Namun secara nasional, Jatim menjadi provinsi dengan kasus terbanyak, melampaui DKI Jakarta.

Posisi kedua yang menyumbang kasus baru hari ini DKI Jakarta, yaitu sebanyak 260 orang dan sembuh 193 pasien. Sementara Jawa Timur menempati posisi ketiga dengan tambahan kasus baru sebanyak 165 orang dan 521 sembuh.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Minta Penderita Diabetes dam Hipertensi Tetap di Rumah Saja

Dua provinsi lain yang masuk lima besar adalah Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan, masing-masing adalah 158 kasus baru untuk Sulsel, dan 109 kasus baru di Kalsel. Provinsi dengan kasus baru cukup tinggi berikutnya adalah Sumatra Utara dengan 99 orang kasus baru.

“Ada 17 provinsi yang hari ini melaporkan kasusnya di bawah 10 orang, bahkan ada 6 provinsi tidak ada penambahan kasus baru,” kata Yurianto. Berdasarkan data terbaru, pasien covid-19 yang dilaporkan sembuh hari ini bertambah 1.414 kasus, sehingga total menjadi 39.050 pasien. Sedangkan kasus meninggal bertambah 87 orang, total 3.797 kasus.

Sementara itu, kasus suspek per hari ini dilaporkan sebanyak 47.859 orang.

Di Demak Razia Masker Digencarkan

Disiplin protokol kesehatan kian ditegakkan di wilayah Kabupaten Demak. Tim gugus tugas gabungan yang terdiri dari tim gerak cepat (TGC) Dinas Kominfo, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Satpol PP, Satgas Kecamatan Mranggen dan Desa Kangkung telah menggencarkan razia masker.

Baca Juga :  Dapat Posisi Kanan, Cabup Petahana Grobogan, Sri Sumarni Langsung Ucapkan Alhamdulillah. Targetkan Raup 95 Persen  Suara

Tim gabungan telah melakukan penertiban di depan SPBU Desa Kangkung, pada Selasa (14/7/2020) kemarin. Adapun sasaran penegakan disiplin adalah warga yang melintas di jalan raya Desa Kangkung yang tidak memakai masker.

Razia tersebut untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mengenakan masker saat beraktivitas. Kapolsek Mranggen AKP Moh Sapin merasa prihati melihat masih banyaknya masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Saya sangat mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan seperti ini. Di wilayah Mranggen masih banyak masyarakat yang belum menyadari arti pentingnya protokol kesehatan Covid-19, masih banyak dijumpai pengendara yang melintas, warga yang beraktivitas di luar rumah tanpa memakai masker,” jelas Moh Sapin.

Tim TGC M Rizki Sigit menjelaskan, selain membagikan masker kepada warga dan pengguna jalan, juga untuk memberikan edukasi dan menyadarkan warga untuk lebih taat dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Besar harapan kami, kasus positif di Demak segera turun dan memutus penyebaran virus di wilayah Demak,” ujar Rizki. Satria Utama