JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

1,5 Juta Lembar Uang Khusus Rp 75 Ribu Siap Beredar di Solo Raya

Uang kertas pecahan khusus Rp75.000. Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 1,5 juta lembar uang khusus Rp 75 ribu siap beredar di wilayah Solo Raya. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas Bank Indonesia (BI) Solo, Gunawan Purbowo, Selasa (18/8/2020).

Menurut Gunawan, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang melalui online dan melakukan pengambilannya di kantor BI Solo. Sampai akhir September 2020, pelayanan pengambilan uang khusus tersebut hanya dapat dilayani di BI Solo.

Baca Juga :  Sampaikan Visi Misi Ke KPU Solo, Gibran Ingin Wujudkan Solo Kota Budaya yang Modern, Sedangkan Bajo Usung Isu Ini

“Sementara kami batasi 150 orang per hari untuk pengambilannya berdasarkan pemesanan yang sudah dilakukan online. Penukaran uang berlaku untuk satu KTP, satu lembar pecahan. Soloraya mendapat kuota 1,5 juta lembar,” paparnya.

Selain itu, Gunawan juga menegaskan bahwa uang khusus tersebut merupakan alat transaksi pembayaran biasa seperti pecahan lainnya. Dia juga menekankan bahwa pecahan khusus tersebut bukan barang langka untuk dikoleksi.

“Hanya saja diterbitkan bertepatan dengan HUT RI ke-75 dan dicetak hanya dalam jumlah 75 juta lembar. Ini bukan edisi terbatas. Distribusinya memang dilakukan bertahap,” tandasnya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Bersihkan Sungai Toklo Keprabon Solo

Di sisi lain, Gunawan menyebutkan setiap warga memiliki kesempatan untuk menukar uang pecahan khusus tersebut.

“Kami juga membatasi penukaran untuk stakeholder dan mitra. Kami memprioritaskan mana saja dan tetap dibatasi maksimal penukarannya. Dan untuk penukaran kolektif harus disertai dengan identitas instansi,” ujarnya. Prihatsari