JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dharma Wanita Kota Semarang Diminta Berperan Tangani Pandemi Covid-19

Logo Dharma Wanita. Pinterst

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Organisasi Dharma Wanita Kota Semarang diminta berperan aktif dalam penanganan covid-19 di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Hal itu ditegaskan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menghadiri acara pengukuhan kepengurusan Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang masa bhakti 2019-2024.

“Tugas ibu-ibu hari ini adalah memastikan di lingkungan panjenengan semuanya clear sesuai SOP kesehatan,” ungkap Wali kota di Gedung Dharma Wanita Kota Semarang, seperti keterangan resmi yang diterima belum lama ini.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini melanjutkan, Dharma Wanita Persatuan harus berpartisipasi aktif dalam penanganan covid-19, mengingat notebenenya sebagai organisasi yang menjadi wadah istri Aparatur Sipil Negara.

“ASN selama pandemi covid-19 ini adalah sebagai buffer, sebagai penyangga. Kenapa ASN, TNI, POLRI sebagai penyangga? Selama covid-19 tidak ada yang di-PHK, tidak ada yang dikurangi gaji dan tunjangannya,” imbuh dia.

Baca Juga :  Niatnya Pamer Jumping, Anggota Klub Motor KLX Malah Bikin Celaka. Sebabkan Kecelakaan, Puluhan Motor Anggota Komunitas Langsung Digaruk Polisi

Sehingga menurut Hendi, para pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan harus berperan sebagai pemimpin yang mampu memberi contoh baik bagi lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu, organisasi yang menjadi wadah istri ASN ini harus mengurangi ketakutan akan covid-19 dan berani bergerak untuk masyarakat.

“Ini situasinya membuat orang deg-degan, tapi kalau kita deg-degan terus tidak melakukan aktifitas apa-apa, negara ini lama-lama hancur. Jangan hanya ngomong swasta saja, pemerintah pun pasti akan hancur,” ujar Hendi.

Banyak hal yang dapat dikerjakan para anggota untuk penanganan covid-19 seperti membantu warga dengan membagi sembako, masker atau melakukan sosialisasi kepada lingkungan sekitar bila terdapat orang yang positif covid-19, agar orang dan keluarganya tidak dikucilkan oleh tetangganya.

Baca Juga :  Dapat Posisi Kanan, Cabup Petahana Grobogan, Sri Sumarni Langsung Ucapkan Alhamdulillah. Targetkan Raup 95 Persen  Suara

“Yang tidak siap di rumah terus ya tidak apa-apa, tapi saya minta Dharma Wanita Persatuan harus merekrut orang-orang yang siap karena suaminya adalah buffernya ekonomi di tingkat nasional,” tegas Hendi.

Dalam kepengurusan Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang tahun 2019-2024, dikukuhkan Lies Iswar Aminudin sebagai ketua hasil keputusan Musyawarah Kota IV Dharma Wanita.

Pada kesempatan teraebut, Ketua DWP Provinsi Jawa Tengah, Toetik Herru Setiadhie yang mengukuhkan kepengurusan tersebut mengungkapkan bahwa DWP telah mengubah Anggaran Dasar Organisasi demi mengikuti perkembangan zaman yang bergerak cepat.
“Perubahan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan upaya bersama DWP dengan instansi pemerintah terkait penguatan SDM yang komprehensif,” ujar Toetik Herru. Satria Utama