JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

DIY Tambah 15 Kasus Baru Covid-19, Didominasi Kabupaten Bantul

Ilustrasi virus corona. Pixabay

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Provinsi DIY mencatat pertambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 15 orang. Jumlah kasus baru tersebut didominasi oleh Kabupaten Bantul.

Tambahan kasus positif Covid-19 tersebut terjadi hingga Minggu (23/8/2020) sore. Riwayat kasus tersebut di antaranya skrining kasus tenaga kesehatan sebanyak empat kasus positif.

Sementara lima kasus lain masih dalam penelusuran, empat kasus berasal dari tracing kasus, dan dua kasus lainnya berasal dari perjalanan luar daerah.

“Terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 15 kasus untuk hari ini,” kata Juru Bicara penanganan Covid-19 Pemda DIY Berty Murtiningsih dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/8/2020).

Ia menambahkan, rincian distribusi kasus per daerah dirinya menyebut Kabupaten Bantul tertinggi yakni sebanyak enam kasus.

Kabupaten Sleman sebanyak empat kasus, Gunung Kidul tiga kasus, Kulonprogo nihil dan dua sisanya berasal dari Kota Yogyakarta.

“Kasus 1184 laki-laki usia 80 tahun asal Gunung Kidul. Hasil tracing mengatakan ada kontak dengan kasus 947,” imbuh Berty.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Covid-19 Naik 8,4 Persen dalam Seminggu Terakhir

Tidak ada pasien meninggal untuk hari ini. Sementara untuk angka kesembuhan, wilayah DIY terdapat penambahan sebanyak 18 pasien sembuh.

Sehingga total pasien sembuh Covid-19 di DIY sampai hari ini mencapai 826 pasien sembuh.

“Untuk jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 577 dengan jumlah orang yang diperiksa sebanyak 478 orang,” pungkasnya.

Sembuh di Gunungkidul

Sementara itu, di hari yang sama, belasan pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul dinyatakan sembuh. Kendati begitu, jumlah kasus baru pun masih terus mengalami penambahan hingga hari ini.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty melaporkan ada 17 kasus yang dilaporkan sembuh pada hari ini.

“Mereka yang sembuh ini seluruhnya teman-teman dari Dinkes. Sementara kasus baru hari ini ada 3,” ungkap Dewi pada wartawan.

Kasus baru tersebut adalah laki-laki (9) asal Wonosari, perempuan (40) dan laki-laki (80) asal Ponjong. Seluruhnya memiliki riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya.

Baca Juga :  Ngaku Sebagai Polisi, Bawor Rampas Uang dan HP Korban dengan Mudah, Tapi Akhirnya Meringkuk di Jeruji Besi

Sabtu (22/08/2020) juga dilaporkan ada lima kasus baru. Empat di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes), terdiri atas tiga laki-laki dan seorang perempuan. Sementara seorang lainnya hasil kontak dengan pasien positif.

“Kamis lalu juga terdapat satu orang Nakes asal Patuk dinyatakan positif Covid-19, bekerja di rumah sakit di Yogyakarta,” kata Dewi.

Hingga saat ini, tercatat ada 169 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara kumulatif asal Gunungkidul. 36 di antaranya masih dalam perawatan dan empat dilaporkan meninggal dunia.

Sementara kasus sembuh totalnya mencapai 129 orang, dengan 17 kasus sembuh baru. Sehari sebelumnya juga terdapat 2 kasus sembuh.

“Sampai hari ini tercatat ada 3.877 spesimen swab diambil, tidak ada spesimen baru hari ini,” ungkap Dewi.

Secara kumulatif, hasil negatif mencapai 3.272 spesimen, dengan 71 spesimen negatif baru hari ini. Sementara sebanyak 436 spesimen masih dalam proses di laboratorium hingga saat ini.

www.tribunnews.com