JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hasil Survei: Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo Jadi 3 Besar Kepala Daerah yang Peka Bencana

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Kolase Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tiga pejabat gubernur dianggap menjadi kepala daerah yang peka terhadap bencana. Ketiganya yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia tentang efek kepemimpinan dan kelembagaan dalam penanganan Covid-19 dengan responden elite atau pemuka opini.

Dalam penilaian elite, Anies dinilai lebih unggul dalam hal sense of crisis atau kepekaan terhadap bencana. Sementara Ridwan Kamil unggul dalam komunikasi dengan masyarakat dan koordinasi dengan berbagai sektor pemerintahan.

Sedangkan Ganjar, meski tak berada di peringkat pertama, tetap meraih nilai yang tidak beda jauh dengan dua kepala daerah tersebut.

“Ridwan Kamil unggul dalam komunikasi dengan masyarakat dan koordinasi dengan berbagai sektor pemerintahan. Adapun Anies Baswedan mendapat nilai lebih tinggi dalam hal sense of crisis,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat rilis survei secara daring, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga :  Gadis Belia di Palembang ini Dituding Jadi Pelakor, Dikeroyok 4 Orang hingga Disilet

Dalam hal sense of crisis atau kepekaan terhadap bencana, Anies unggul dengan penilaian 72,9. Diikuti Ridwan Kamil dengan nilai 72,1 dan Ganjar Pranowo 72.

Terpaut di bawahnya, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (64,5), Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (64,4), Gubernur Banten Wahidin Halim (63,5), dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (62,6).

Kemudian dari segi penilaian komunikasi warga, Ridwan Kamil berada di posisi pertama dengan skor 73,4. Gubernur Ganjar mengikuti di belakangnya dengan angka tak kalah jauh 73,2, serta Anies dengan angka 72,1.

Sisanya, secara berurutan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (65,7), Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (64,1), Gubernur Banten Wahidin Halim (62,4), dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (62,4).

Baca Juga :  Irfan Hakim Menjual Berapa Nama Hakim MA, Bikin Joko Tjandra Tergiur Menyuap

Terakhir, dalam kategori penilaian koordinasi kerja, Ridwan Kamil juga memimpin dengan skor 72,4. Kemudian Ganjar dengan penilaian 71,9 dan Anies dengan nilai 71,6.

Berikutnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (64,5), Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (64,0), Gubernur Banten Wahidin Halim (63,6), dan kembali Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (63,1).

Survei kalangan elite/pemuka opini ini dilakukan Juli 2020 dengan mengambil responden 304 orang dari 20 kota di Indonesia dengan latar belakang beragam. Ada yang merupakan akademisi, redaktur politik dan kesehatan media, pengusaha, pengamat kesehatan, sosial, dan politik, tokoh organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, LSM, dan organisasi profesi.

Beberapa tokoh juga turut menjadi responden, seperti Rektor ITB, Rektor UGM, Dahlan Iskan, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Mustofa Bisri, Dokter Erlina Burhan, dan lain-lain. Liputan 6