JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hindari Kebiasaan Minum Kopi Sebelum Sarapan, Ini Bahayanya

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Bagi sebagian orang, kopi mungkin telah menjadi minuman wajib setiap hari. Bahkan ada yang sampai tidak bisa bekerja sebelum menyeruput secangkir kopi di pagi hari. Tapi tahukan Anda jika sebaiknya kopi tidak diminum sebelum sarapan?

Kopi di masa kini seolah telah menjadi gaya hidup. Terlebih dengan banyaknya gerai kopi yang menawarkan berbagai varian menu kopi, dari rasa hingga cara penyajiannya. Tak jarang, minuman kopi menjadi sebuah trend saat satu menu baru diperkenalkan.

Namun yang perlu diingat adalah untuk menghindari meminum kopi sebelum mengisi perut dengan makanan di pagi hari. Bahaya kebiasaan meminum kopi sebelum sarapan itu diungkapkan oleh Center for Nutrition, Exercise and Metabolism di University of Bath, Inggris.

Salah satu penelitian terbaru yang dilakukan lembaga tersebut menyimpulkan, minum kopi setelah sarapan lebih baik. Hal itu untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. Hasil dari penelitian tersebut dipublikasikan di British Journal of Nutrition.

Baca Juga :  Jadikan Kulit Sehat dan Bersina dengan 3Rutinitas Pagiini, Diawali dengan Minum Air Putih

Dalam penelitian itu juga terungkap, minum kopi sebagai aktivitas pertama setelah bangun tidur berdampak negatif pada kontrol glukosa darah.

“Sederhananya, kontrol gula darah kita terganggu ketika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuh kita adalah kopi, terutama setelah tidur yang tak nyenyak,” kata Profesor James Betts, Wakil Direktur Pusat Nutrisi, Latihan, dan Metabolisme di University of Bath, seperti dilansir dari New York Post, Rabu (7/10/2020).

Penelitian tersebut mempelajari 29 pria dan wanita yang masing-masing diminta untuk menjalani tes darah sebelum dan sesudah menelan apa pun. Menurut penelitian, saat partisipan minum kopi terlebih dahulu sebelum sarapan, kadar glukosa darah meningkat sekitar 50 persen. Namun, ketika peserta sarapan terlebih dahulu, tampaknya tidak ada efek negatif pada kadar glukosa atau respons insulin.

Baca Juga :  Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun Lakukan Kebiasaan Ini Usai Berolahraga

Penelitian tersebut memang bersifat terbatas dan penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui tentang efek kafein di pagi hari pada metabolisme tubuh. Namun yang pasti, temuan awal menunjukkan bahwa minum kopi terlebih dahulu dapat membatasi kemampuan tubuh untuk memproses gula secara cepat.

“Masih banyak lagi yang perlu kita pelajari tentang efek tidur pada metabolisme kita, seperti seberapa banyak gangguan tidur mengganggu metabolisme kita dan apa implikasi jangka panjangnya, serta bagaimana olahraga, misalnya, dapat membantu mengatasi persoalan ini,” kata peneliti utama, Harry Smith dari Departemen Kesehatan di Bath. Liputan 6