JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Datang Saat Dua Kali Pemanggilan, Rizieq Shihab Mengaku Selalu Berada di Megamendung: Itu Tempat Tinggal Saya

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Foto: TEMPO / Hilman Fathurrahman W via Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya muncul ke hadapan publik dan langsung mendatangi kantor Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020). Sebelumnya dalam dua kali pemanggilan sebagai saksi, Rizieq Shihab memilih tidak hadir.

Saat ditanya di mana dirinya berada selama ini, Rizieq Shihab mengaku tidak pergi ke mana-mana atau pun bersembunyi. Ia mengaku selalu lebih banyak berada di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

“Saya selalu ada di Pesantren Agrokultural Markaz Syariah Megamendung, Jawa Barat. Saya tidak pernah ke mana-mana. Itu tempat tinggal saya,” ungkapnya saat datang ke Mapolda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020).

Rizieq Shihab juga mengaku beberapa kali singgah ke tempat tinggalnya yang berada Petamburan dan Sentul untuk menengok anak dan cucunya.

Baca Juga :  Program Vaksinasi, Legislator Minta Pemerintah Tak Perlu Bawa Bedil

“Sesekali saya turun ke Petamburan dan Sentuk untuk menengok anak dan cucu,” tambahnya.

Rizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya dengan status sebagai tersangka dalam kasus kerumunan massa di Petamburan. Polisi menetapkan status tersangka terhadap Rizieq Shihab pada Kamis (10/12/2020) lalu.

Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya dengan didampingi Sekretaris Umum FPI, Munarman dan sejumlah anggota FPI lainnya, sekitar pukul 10.30 WIB. Saat ditanya persiapannya sebelum menjalani pemeriksaan, ia pun menjawab tidak ada persiapan khusus.

“Persiapan apa? Enggak ada yang perlu dipersiapkan. Ditanya kita jawab. Selesai kan,” ujarnya.

Sebelumnya, pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menyatakan bahwa kliennya siap jika langsung ditahan polisi. Menurut dia, Rizieq akan bersikap kooperatif dan taat hukum. “Insya Allah siap, beliau siap dengan segala kemungkinan, karena sebagai seorang pejuang,” kata Aziz di Polda Metro Jaya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Kena Tegur Megawati Soal Pendataan yang Dinilai Tidak Akurat

Lebih lanjut Aziz mengatakan, tim pengacara Rizieq Shihab juga sudah mempersiapkan langkah-langkah hukum lanjutan terkait dengan kasus tersebut. Salah satunya dengan kemungkinan mengajukan praperadilan. “Mungkin kami akan ajukan praperadilan,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat menyambut baik kedatangan Rizieq Shihab ke Mapolda tanpa perlu polisi melakukan upaya paksa.

“Yang bersangkutan mau datang hari ini, kita menyambut baik. Apalagi enggak ada massa,” ucap Tubagus di depan Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

www.tribunnews.com