JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Duh Bau Busuk Menyengat Tercium Lagi oleh Warga Wonogiri dan Selogiri, Jangan Tinggal Diam Langkah ini yang Bisa Ditempuh

Demo menuntut penutupan PT. RUM di Sukoharjo, beberapa waktu lalu. JSNews/Aris Arianto
   
Demo menuntut penutupan PT. RUM di Sukoharjo, beberapa waktu lalu. JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kembali bau busuk menyengat tercium oleh warga Kecamatan Selogiri dan sebagian Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Diduga bau menyengat yang disebut-sebut mirip septic tank itu berasal dari paparan limbah pabrik serat rayon di Sukoharjo.

Bau menyengat yang diduga berasal dari limbah PT RUM Sukoharjo itu beberapa hari ini terasa menyengat di sebagian wilayah Wonogiri Kota dan Selogiri. Banyak masyarakat meluapkan emosi mereka dengan cara melontarkan keluhannya di laman media sosial.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan Pemkab meminta masyarakat segera melapor atau membuat laporan aduan terkait adanya bau menyengat itu.

“Bahkan saya sendiri merasakan bau menyengat itu,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Bupati meminta masyarakat untuk melayangkan surat kepada Pemkab Wonogiri. Selanjutnya, Pemkab menindaklanjuti aduan masyarakat tersebut.

“Silakan buat aduan ke Pemkab Wonogiri, nanti akan kami tindaklanjuti,” tegas dia.

Menyikapi informasi itu, Bupati akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri. Menurut informasi yang diterima, pihak perusahaan secara berkala melaporkan perkembangan penanganan limbah yang sebenarnya sudah menjadi permasalahan cukup lama itu.

Baca Juga :  Horegg! Gempa Pacitan 5,1 Senin 22 April 2024 Terasa Sampai Wonogiri

“Tapi nanti akan kita lihat, apakah perkembangannya masih sesuai komitmen atau tidak,” tandas Bupati.

Sementara itu, tahun lalu, PT RUM pernah berkomitmen untuk mengatasi dampak polusi udara saat mengikuti pertemuan di Kabupaten Wonogiri. Perusahaan tersebut juga menyatakan akan melaporkan perkembangan upaya yang mereka lakukan secara rutin. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com