JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Suntik Vaksin Covid-19 yang Dijalani Jokowi Hanya Turunkan 2 Persen Penolakan Masyarakat

Ilustrasi vaksinasi. Foto: Pexels.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suntik vaksinasi Covid-19 perdana yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ternyata hanya mampu menurunkan penolakan masyarakat terhadap vaksin Covid-19 sebesar 2 persen.

Demikian salah satu hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator tentang tantangan dan problem vaksinasi Covid-19.

“Efek Presiden Jokowi ada, tapi hanya 2 persen menurunkan mereka yang awalnya tidak bersedia menjadi bersedia,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, Minggu (21/2/2021).

Burhanuddin menjelaskan, dari temuan survei pada 1-3 Februari 2021, sebanyak 41 persen responden tidak bersedia melakukan vaksinasi Covid-19.

Adapun survei pada Desember 2020, Burhanuddin mendapai ada 43 persen responden yang tidak bersedia atau sangat tidak bersedia.

Baca Juga :  Selain Megawati, Ternyata MK Juga Terima Amicus Curiae BEM Fakultas Hukum dari 4 PTN di Indonesia

Menurut Burhanuddin, dengan angka 41 persen responden yang tidak bersedia divaksin akan menjadi masalah karena vaksinasi untuk kepentingan bersama.

Sementara responden yang cukup bersedia dan sangat bersedia divaksin ada sebanyak 54,9 persen. Sebanyak 4,2 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari 41 responden yang tidak bersedia divaksin, Burhanuddin mengungkapkan 54,2 persen di antaranya beralasan bahwa vaksin mungkin ada efek samping yang belum ditemukan atau tidak aman. Kemudian 27 persen menyatakan vaksin tidak efektif, 23,8 persen menyatakan tidak membutuhkan vaksin karena merasa sehat.

Sebanyak 17,3 persen menyatakan tidak mau membayar untuk mendapatkan vaksin. Lalu 10,4 persen menyatakan vaksin mungkin tidak halal, sebanyak 5,9 persen menyatakan banyak orang yang akan mendapatkan vaksin sehingga tidak perlu ikut, dan 3,1 persen menyatakan tidak mau masuk persekongkolan perusahaan farmasi yang membuat vaksin.

Baca Juga :  Hingga 3 Hari Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Amicus Curiae Masih Berdatangan

Survei dilakukan dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki tolerasi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Survei dilakukan pada 1-3 Februari 2021 setelah Presiden Jokowi menerima dua kali penyuntikan vaksin Covid-19. Survei dilakukan dengan menelepon 1.200 responden, yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung dalam rentang 2 Maret 2018-Maret 2020.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com