JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Masjid di Daerah Diusulkan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Tingkat RT/RW

Ilustrasi masjid. Foto: pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masjid yang ada di daerah diusulkan untuk bisa menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tingkat RT/RW. Usulan tersebut disampaikan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, melihat masjid memiliki sarana untuk menunjang kegiatan vaksinasi.

Sarana penunjang yang dimiliki masjid dinilai bisa untuk kegiatan vaksinasi Covid-19, seperti halaman dan bangunan yang luas. Ada juga pengeras suara yang bisa dipakai mengumumkan tentang pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat sekitar masjid.

“Saya harapkan agar masjid bisa menjadi tempat vaksinasi Covid-19 untuk tingkat RT/RW,” ujar JK saat pelantikan Pengurus DMI Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/3/2021) lalu.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Kendati demikian, JK menekankan bahwa tidak semua masjid bisa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Covid-19. Melainkan hanya masjid yang memiliki halaman dan bangunan luas.

“Jadi, ini masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sehingga lebih mudah untuk mengaturnya,” lanjut mantan wakil presiden itu.

Sementara itu, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari, Jusuf Kalla turut mengingatkan agar masjid dapat tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Misal, menjaga jarak shaf, memakai masker, membawa sajadah sendiri.

Baca Juga :  Jokowi Kunjungi Bobby Nasution di Medan, Simbol Dukungan di Pilgub 2024? Ini Tanggapan Ngabalin

Selain itu, masjid juga perlu dibersihkan menggunakan disinfektan setiap hari. JK berjanji, DMI akan membagikan alat-alat kebersihan kepada masjid-masjid yang berada di daerah rawan penyebaran Covid-19.

“Satu bulan lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Itu artinya kita melaksanakan ibadah puasa dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk itu, masjid-masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” pesan JK.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com