JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Litbang Kompas Terbaru Hari Ini, Jokowi Kokoh di Puncak Ungguli Prabowo, Anies Baswedan Meroket Ungguli Ganjar Pranowo

Joko Widodo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. Foto kolase/JSnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo masih tak tergoyahkan sebagai sosok yang diidolakan menjadi Presiden di Indonesia saat ini.

Hal itu terungkap dari hasil survei Litbang Kompas terbaru tentang calon Presiden pilihan yang dirilis hari ini, Selasa (4/5/2021). Dalam survei yang dirilis di media Kompas baik cetak maupun portal online media tersebut, menunjukkan nama Jokowi masih kokoh di posisi teratas.

Presiden kelahiran Solo itu meraup 24 persen, unggul dari beberapa nama tokoh populer lainnya. Persentase itu merupakan jawaban responden terhadap pertanyaan “Jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?’.

Di posisi kedua, nama Prabowo Subianto masih menguntit dengan persentase keterpilihan responden sebanyak 16 persen.

Di belakangnya, nama Gubernur Anies Baswedan meroket di posisi ketiga. Anies yang belakangan banyak diperbincangkan lewat aksi blusukan ke daerah menyerap beras, termasuk ke Sragen, menyodok di posisi ketiga dengan 10 persen.

Baca Juga :  Laksanakan Salat Id di Rumah Dinas, Ganjar Minta Masyarakat Jateng Bersama-sama Tuntaskan Pandemi dengan Selalu Disiplin dan Taat Prokes

Anies mengungguli kandidat kuat asal PDIP yang digadang-gadang punya kans besar yakni Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Ganjar meraup 7 persen suara keterpilihan dari responden. Di belakang Ganjar, ada nama Sandiaga Uno yang meraih 4 persen.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga masuk di bawah Sandi dengan angka 3 persen. Sementara AHY yang partainya barusaja diterpa badai, juga muncul dengan angka 3 persen setara dengan perolehan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sementara, mantan Walikota Surabaya yang saat ini duduk sebagai Mensos, Tri Rismaharini di luar dugaan di posisi bawah dengan 2 persen. Sementara masih ada 21 persen responden yang merahasiakan pilihan dan 2 persen memilih kandidat lain.

Survei itu digelar pada 13-26 April 2021 melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error penelitian sebesar +- 2,8%.

Baca Juga :  Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas juga membandingkan elektabilitas para tokoh di survei April dengan 3 survei sebelumnya yaitu pada Oktober 2019, Agustus 2020, dan Januari 2021. Hasilnya, ada yang elektabilitasnya naik, turun, atau stagnan.

Seperti elektabilitas Prabowo sempat turun di survei Agustus 2020 lalu kemudian naik lagi di survei April 2021. Sementara itu, elektabilitas Anies naik di survei pada Agustus 2020 naik kemudian stagnan lalu naik kembai. Elektabilitas Sandiaga Uno naik turun sementara Ganjar Pranowo naik terus.

Berikut hasil survei Litbang Kompas terbaru Selasa, 4 Mei 2021:
Joko Widodo: 24%
Prabowo Subianto: 16%
Anies Baswedan: 10%
Ganjar Pranowo: 7%
Sandiaga Uno: 4%
Ridwan Kamil: 3%
Agus Harimurti Yudhoyono: 3%
Basuki Tjahaja Purnama: 3%
Tri Rismaharini: 2%
Gatot Nurmantyo: 2%
Mahfud Md: 1%
Lainnya: 2%
Belum ada/rahasia: 21%
Sumber: Litbang Kompas. (*/Wardoyo)