JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH di Wonogiri Tembus 14 Ribu Unit, Bagaimana Cara Menanganinya?

RTLH
Penyerahan bantuan RTLH di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sampai saat ini jumlah rumah tidak layak huni atau RTLH di Wonogiri mencapai 14 ribu unit. Pemkab Wonogiri menyiapkan strategi khusus untuk menanganinya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pemkab Wonogiri, Jumat (26/11/2021), berdasarkan pendataan verifikasi dan validasi (verval) data RTLH di tahun 2019 lalu jumlah RTLH di Wonogiri berjumlah 25.002 unit. Rinciannya 10.744 RTLH rusak berat, 13.742 unit RTLH rusak sedang dan 516 unit RTLH rusak ringan.

Dengan semangat kebersamaan yang terwujud dalam intervensi penanganan RTLH oleh pemerintah dan unsur pendukung, serta pembangunan rumah secara swadaya oleh masyarakat, secara bertahap, jumlah RTLH dapat diturunkan.

Baca Juga :  Viral, Gadis Asal Wonogiri Jadi Blantik Sapi dan Kambing Sembari Menjalankan Kuliah Online, Netizen Wanita Idaman

Buktinya, pada 2019 sampai 2021 sudah ada 10.860 unit RTLH yang ditangani dengan biaya dari berbagai sumber mulai dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten, DID, dana alokasi khusus, dana desa hingga CSR. Dengan begitu hingga kini tinggal ada 14.142 RTLH yang perlu ditangani.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menuturkan, secara bertahap, jumlah RTLH semakin menyusut berkat keterlibatan banyak pihak. Mulai dari dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, program CSR dan sebagainya.

Baca Juga :  1 Guru SMPN di Wonogiri Meninggal Positif COVID-19, Bupati Sebut Bukan dari PTM

“Semuanya dikolaborasikan. Ini wujud komitmen pemerintah untuk mewujudkan tata sosial yang lebih baik,” terang dia usai penyerahan secara simbolis bantuan peningkatan kualitas RTLH dari dana insentif daerah (DID) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (26/11).

Saat ini, masih ada sekitar 14 ribu RTLH yang perlu direnovasi di Wonogiri. Tak bisa dipungkiri itu menjadi PR tersendiri bagi Pemkab Wonogiri.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua